YouTube akan menghapus fitur posting sementara miliknya, Stories, mulai Juni nanti.

Para penggunanya tidak akan bisa lagi posting Stories mulai 26 Juni, dan postingan yang eksisting akan kedaluwarsa tujuh hari setelahnya.

Stories pertama diperkenalkan pada 2017 dengan nama Reels dan tersedia bagi para pengguna pemilik lebih dari 100 ribu subscriber.

Mirip dengan Instagram, stories di YouTube menghilang setelah beberapa waktu kemudian; para kreator dapat menggunakan Stories untuk posting update atau konten di balik layar untuk mempromosikan kanal mereka.

Twitter Berubah Jadi X, Elon Musk Klaim Jumlah Pengguna Naik Drastis Tapi, melihat perkembangannya kini, fitur ini sepertinya tidak populer–akses kepadanya terbatas, sedikit saja kreator konten yang kelihatannya rutin posting Stories, dan bahkan YouTube tak banyak mempromosikannya.

Dengan dihilangkannya Stories, YouTube ingin para kreator mem-pos konten ke saluran yang lain yang ada diplatform itu, yakni Community Posts dan Shorts.

Google, induk YouTube, belum lama ini memperluas akses ke Community Posts, sebuah fitur membuat update berbasis teks, dan menambahkan kemampuan untuk menjadikan postingan kedaluwarsa setelah periode tertentu.

Kreator dapat juga membagikan polling, kuis, foto, dan video sebagai Community Posts yang muncul dalam sebuah tab di kanal.

Twitter Kelak Hanya akan Memiliki Mode Gelap untuk Tampilannya YouTube juga sedang berusaha mengarahkan video-video pendek populer ke dalam Shorts–fiturnya untuk menyaingi aplikasi TikTok, dan sedang mencoba meyakinkan para kreator video panjang tradisional untuk mulai membuat konten yang lebih pendek juga.

Pada Februari, YouTube mulai membagikan pendapatan iklan dengan para kreator di Shorts dalam rencana monetisasi yang baru.

Meski banyak platform telah mengadopsi format story yang pertama dipopulerkan Snapchat, YouTube bukanlah yang pertama mematikan kembali versinya.

Fleets di Twitter juga melakukannya dan redup dalam setahun.

THE VERGE Pilihan Editor: Kecewa, Peneliti Nyatakan Tolak Ajukan Riset Lagi di BRIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *