Pesan untuk anak laki-laki mama, supaya pas hidup kalian mulai diisi oleh global yang berbeda bersama mama, kalian (Dan mama) akan baik-baik saja.

Sebuah hari, anak saya, usia 15 tahunan, mampir ke saya sambil ngomong “Mama, minggu depan aku mau jalan ke PIM ya, berdua mirip teman perempuan. Boleh, kan?”

Sepersekian detik saya terdiam. Mencoba mencerna. Ternyata kala tersebut telah berkunjung. Cepat ya rasanya, nggak mengira bakalan secepat ini.

Mereka yang pernah saya gendong kemana-mana, saya cium, saya mandiin, apa-apa serba ke saya, sekarang mulai asik bersama teman-temannya, kesibukannya, dunianya.

Semoga saja 16 pesan untuk anak laki-laki yang udah mama tanamkan ke kalian akan terus kalian ingat ya, kiddos!

  • Stand up for yourself dan segala hal yang anda percaya tersebut adalah kebenaran. Nggak selalu ringan, mampu sulit banget lebih-lebih, tetapi bersuara sekecil apa pun jauh lebih baik dibanding diam dan bukan jalankan apa-apa.
  • Pahami disparitas antara becanda atau bukan sopan. Kentut, sendawa,main ludah, bicara jorok bukanlah hal yang menghendaki didengar dan dilihat perempuan dan tersebut bukan lucu. Barangkali lucu untuk dijalankan di antara teman-teman anda.
  • Jangan jadi pelaku bully atau bergaul bersama pelaku bully. Dikarenakan kami adalah beberapa besar berasal dari teman kami. Maka waktu teman anda adalah pelaku bully, anda akan diakui layaknya mereka atau terhadap pada akhirnya berubah jadi layaknya mereka.
  • Jangan dulu berhenti meluangkan selagi untuk ngobrol bersama dengan mama. Gara-gara di sedang-sedang keruwetan hidup mama, ngobrol dan masih diakui berarti oleh kalian jadi tidak benar satu cara mama untuk puas meniti hidup.
  • Mama mendidik anda untuk bisa membedakan yang baik dan yang buruk, maka selalu asah hati nurani dan akal sehat anda untuk selalu tahu suatu kebenaran.
  • Bukan seluruh teman memberi efek baik, tersedia teman yang akan memberi dampak buruk dan memaksa anda laksanakan hal yang juga buruk, entah secara moral ataupun yang berbahaya. Pahami kapan anda mesti menampik dan mencegah.
  • Bukan persoalan anda diakui bukan cool, pengecut, disebut anak mama ketika anda menampik melaksanakan hal-hal buruk atas desakan teman-teman anda. Selama anda bukan merugikan orang lain dan diri anda sendiri, anda bukanlah seorang pengecut.
  • Pas anda merasa ragu, sebelum mengambil ketentuan, coba tanya ke diri anda sendiri: Kecuali aku jalankan hal ini, kira-kira apa yang akan dikatakan oleh &Hellip;..? Sanggup oleh mama, papa, om, eyang, tante. Kecuali kira-kira jawabannya, mereka akan sedih, pikir kembali ketetapan anda.
  • Suka tersebut pilihan namun tidak signifikan anda kudu memaksa diri anda untuk SELALU merasa senang. Jikalau anda tengah merasa bukan puas, it’s okay dan menikmati saja prosesnya.
  • Jangan biarkan hal-hal sepele memicu kami merasa bukan suka dan kerap berpikir negatif, gara-gara tersebut hanyalah akan membawa dampak anda jadi pribadi yang sulit dan hidup benar-benar singkat untuk dipenuhi pikira-pikiran negatif.
  • Anda terlahir berasal dari keluarga yang memadai, bukan kekurangan tapi tidak yang hiperbola berhamburan uang. Maka, bukan tidak benar anda menginginkan kehidupan yang lebih baik, tapi jangan lupa miliki kemampuan untuk merasa memadai. Sebab rasa memadai menyebabkan anda bukan jadi manusia serakah dan enteng bersyukur.
  • Tersedia masanya anda menganggap kehadiran mama sebatas akan mengganggu dan berada di dekat mama bukanlah hal yang cool. Mama sadar, jangan anggap mama adalah aib atau hal memalukan di didalam hidup anda.
  • Punya interaksi yang baik bersama kakak adik kalian, dikarenakan betapa pun menyebalkannya saudara kalian, mereka yang akan tersedia kala kalian butuh pemberian. Kalian yang serupa-mirip merasakan rasanya jadi anak berasal dari orang tua yang mirip, hahaha.
  • Waktu kelak kalian studi hidup berdikari dan keluar berasal dari tempat tinggal, selalu ingat life skill yang telah mama ajarkan. Cara merapihkan tempat tinggal, mencuci piring, setrika sandang, memasak dan memperbaiki benda. Tersebut akan memudahkan kalian secara finansial dan akan memudahkan siapa pun yang kelak jadi pasangan hidup kalian.
  • Menjadi pribadi yang yakin diri tetapi terus rendah hati.
  • Bertanggung jawab bersama dengan organ reproduksi anda pas udah akil baliq.
  • Image berasal dari sini

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *