Dorna Sports bakal menggunakan format baru pada Grand Prix MotoGP Inggris 2023.

Nantinya sesi latihan pertama (P1) pada Jumat pagi akan diubah menjadi sesi latihan bebas (FP1).

Regulasi baru ini sebenarnya sudah dibawa ke forum Grand Prix Comission yang melibatkan perwakilan dari FIM, Dorna Sports, pembalap dan tim MotoGP sejak Juni 2023.

Namun wacana itu sempat ditolak oleh Ducati dan format anyar itu baru bisa diimplementasikan mulai MotoGP 2024.

Pertamina Mandalika Diperkuat Pembalap Baru pada Moto2 Austria 2023 Namun setelah memasuki pertengahan musim 2023, Ducati ternyata melunak.

Akhirnya Dorna Sports dan FIM secara tiba-tiba mengumumkan kalau sesi P1 resmi diubah kembali menjadi FP1 di Grand Prix MotoGP Inggris 2023 mendatang.

Dikutip Tempo.co dari laman resmi MotoGP, selain nama, durasinya juga ikut berubah.

Nantinya FP1 hanya akan digelar selama 45 menit, sementara untuk sesi latihan atau Practice berikutnya tetap akan digelar selama 60 menit.

Sesi FP1 berbeda dengan P1, karena hasilnya tidak lagi menjadi pertimbangan untuk menentukan apakah para pembalap akan masuk ke kualifikasi 1 (Q1) atau Q2.

Perubahan format ini diharapkan dapat menekan risiko cedera, karena para pembalap tidak dituntut untuk langsung memaksakan diri tampil secepat mungkin sejak awal.

MotoGP: Marc Marquez Dirumorkan Jadi Pembalap Pramac Racing Dengan begitu, Marc Marquez dan kawan-kawan juga bisa lebih fokus melakukan adaptasi dan mencari setting motor terbaik untuk balapan di seri MotoGP Inggris 2023.

Patut dinantikan apakah format baru ini bisa mengurangi risiko cedera pembalap atau tidak.

Pilihan Editor: Dilelang Rp 23 Juta, Berapa Harga Normal Royal Enfield Classic 350? Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *