Mommies tentu dulu menonton bercak biru yang terdapat terhadap kulit bayi. Tersebut disebut bersama dengan mongolian spot. Amankah terkecuali anak kami memilikinya?

mongolian spot merupakan homogen tanda lahir berwarna abu-abu sampai kebiruan yang sering muncul terhadap kulit bayi. Istilah medisnya disebut Congenital dermal melanocytosis. Ia Biasanya ditemukan terhadap bokong atau punggung bawah bayi. Meski begitu, tanda lahir ini juga sering muncul di lengan atau kaki.

mongolian spot mampu muncul ketika bayi baru saja dilahirkan atau lebih dari satu waktu setelahnya. Dilansir berasal dari Healthline, bercak itu muncul ketika melanosit (Sel yang menghasilkan pigmen atau melanin) konsisten berada di lapisan kulit yang lebih didalam selama pertumbuhan embrio. Meski begitu, apa yang mengakibatkan keadaan tersebut belum sahih-sahih diketahui.

tanda lahir ini lebih kerap muncul terhadap bayi anak-anak Afrika, Asia, India, dan Mediterania. Walaupun tersedia juga bayi bersama rona kulit terang yang memilikinya.

Terkadang, keadaan itu sering disalahartikan sebagai gejala gangguan tulang belakang atau spina bifida occulta. Tapi, menurut keterangan Spina Bifida Association, bercak yang muncul biasanya berwarna merah, tidak abu-abu atau biru layaknya terhadap mongolian spot.

Karakteristik-karakteristik

Gara-gara warnanya, berlimpah orang mengira mongolian spot sebagai memar. Terkecuali melihatnya pertama kali, jangan panik pernah ya, Mommies, sebab mampu menjadi tersebut semata-mata tanda lahir. Berikut cirinya yang membedakannya berasal dari memar:

  • Rata bersama kulit, teksturnya juga normal
  • Berwarna biru atau agak keabu-abuan
  • Biasanya miliki ukuran 2-8 sentimeter
  • Bentuk bukan beraturan
  • Biasanya muncul kala bayi lahir atau lebih dari satu hari sesudahnya
  • Lebih kerap muncul di bokong atau punggung bawah bayi
  • Yang paling vital, bukan layaknya memar, bercak ini bukan akan menghilang di dalam lebih dari satu hari. Ia cenderung ‘Menetap’ lebih lama di badan bayi.

    Apakah berbahaya?

    mongolian spot umumnya bukan berbahaya. Tersebut juga tidak tanda kanker agar bukan mesti hegemoni medis. Tapi, terhadap masalah yang terlalu langka, bercak biru itu sanggup mendasari situasi neurocristopathy dan gangguan metabolisme.

    kalau bayi Mommies mempunyai bercak ini, pastikan dokter menyadarinya dan mendukung untuk memeriksanya lebih lanjut. Dokter biasanya segera mampu mendeteksi mongolian spot sebatas berasal dari penampilannya. Tapi, jikalau dokter bukan paham keberadaan bercak biru di tubuh bayi, beri paham mereka untuk mengeceknya ya, Mommies.

    Mongolian spot cenderung berumur pendek dan memudar sejalan berjalannya kala, terutama selagi anak memasuki usia remaja. Tetapi, tersedia juga yang memilikinya sampai dewasa. Ketika tersebut berjalan, perawatan laser mampu menolong menghilangkan bercak terkecuali anak merasa terganggu olehnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *