Kursus online bersertifikat adalah sebuah program pelatihan secara digital yang belakangan ini cukup populer di tengah-tengah masyarakat. Apalagi untuk yang ingin meningkatkan skill atau keterampilan, maka bisa mempertimbangkan jenis pelatihan yang satu ini, karena dapat diikuti dari mana saja serta jika seandainya dilihat waktunya juga lebih fleksibel. Banyak pastinya diantara Anda yang sudah tidak asing dengan kelas pelatihan semacam ini, karena memang cukup banyak lembaga yang mengeluarkannya di Indonesia.

Jika melihat dari segi pilihan program atau kelas pelatihannya juga terbilang banyak, ingin yang fokus pada meningkatkan keterampilan bahasa, teknologi dan berbagai pilihan keterampilan lain juga disediakan. Sehingga bebas bisa ikut sesuai dengan minat peserta. Apalagi dengan mengikuti pelatihan nantinya Anda juga akan mendapatkan ilmu baru yang dapat diterapkan dalam dunia kerja. Maupun hanya digunakan sebagai kualifikasi tambahan jika seandainya ingin melamar pekerjaan.

Sayangnya memang tidak semua lembaga kursus online bersertifikat ini bagus, banyak juga yang kualitasnya kurang. Bahkan ikut pelatihan disana sama dengan buang-buang uang serta waktu. Jadi agar tidak menyesal maka ada beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam memilih pelatihan online, diantaranya adalah:

  1. Membeli pelatihan hanya karena harganya murah, kebanyakan orang memang menjadikan harga sebagai patokan utama ketika ingin ikut pelatihan, apalagi yang berbasis online semacam ini. Memang tidak ada salahnya memilih yang sesuai dengan budget Anda. Namun hal yang patut untuk diperhatikan disini adalah kualitasnya.

Karena harga selalu sebanding dengan kualitas. Untuk itu agar tidak menyesal pertimbangkan juga komponen lain yang menyertai, misalnya mengecek siapa mentornya, silabus materi dan sebagainya, bukan hanya dari segi harga.

  1. Asal pilih lembaga pelatihan, ini juga termasuk kesalahan yang fatal, karena dari sekian banyak lembaga kursus yang hadir sebagian diantaranya tidak diakui atau legalitasnya juga belum jelas. Percuma sudah ikut kelas disana jika lembaga tersebut tidak diakui, mungkin secara ilmu atau skill baru memang didapatkan. Namun bagaimana dengan sertifikatnya yang tidak diakui, tentunya akan sulit dipakai saat ingin melamar kerja, karena cenderung diremehkan.
  2. Memilih sistem pembelajaran berbasis video saja, sistem pembelajaran untuk pelatihan online memang beragam, ada yang sekedar video pembelajaran, namun juga ada yang interaktif. Sistem yang berbasis video ini memang lebih fleksibel dan mudah untuk diikuti, namun secara ilmu yang didapatkan sebenarnya juga sangat kurang.

Sama saja jika Anda belajar lewat Youtube. Berbeda halnya sistem pembelajaran yang interaktif, dimana memang nantinya peserta diajak untuk berinteraksi secara langsung dengan mentor, komunikasi dua arah ini hasilnya lebih efektif meskipun dilakukan hanya dengan berbasis video conference.

  1. Tidak memperhatikan kemudahan akses, banyak lembaga pelatihan secara online yang sangat kurang dari segi fitur mereka, website yang gampang down bahkan tidak punya aplikasi sendiri untuk dipakai akses.

Sehingga kerab kali ketika peserta ingin mengikuti pelatihan tersebut justru kesulitan sendiri. Pastinya Anda tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan, apalagi sangat berpengaruh terhadap kenyamanan ketika belajar disana. Sehingga harus diusahakan untuk mengecek layanan atau aksesnya, pastikan yang memudahkan Anda.

  1. Tidak ada jaminan garansi, selanjutnya pastikan juga untuk tidak membeli pelatihan dari lembaga yang tidak menjamin garansi. Garansi ini penting sehingga Anda sebagai peserta juga tidak merasa dirugikan saat ikut kelas atau programnya tersebut.

Karena jika seandainya tidak lulus maka masih bisa mengulang kembali sampai lulus, dipastikan juga nantinya akan tetap mendapatkan sertifikat. Sehingga tidak rugi sudah keluar biaya, waktu, pikiran serta tenaga guna mengikuti pelatihan yang ada disana.

Pastikan juga bahwa program atau kelas kursus online bersertifikat  yang Anda ikuti tersebut sesuai dengan minat, sehingga tidak akan bosan untuk mengikutinya. Pilih lembaga pelatihan yang memang sudah terjamin kualitasnya seperti dari Prasmul-ELI.

Selain dari segi pengalaman maka mereka juga sudah unggul secara kredibilitas. Ada banyak pilihan kelas yang dapat diikuti dengan biaya yang cukup bersaing. Anda bisa segera daftar sekarang juga, karena kelasnya terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *