Semakin banyak pilihan jenis produk asuransi yang dijual saat ini, jika dulu asuransi hanya dipersiapkan sebagai warisan untuk buah hati, karena memang nilai manfaatnya sendiri hanya dirasakan oleh ahli waris, maka sekarang ini tidak karena selain asuransi jiwa murni juga ada produk asuransi jiwa dwiguna sampai dengan unit link. Jadi tertanggung juga masih bisa merasakan manfaat uang asuransi secara langsung. Asuransi jiwa Astra sendiri termasuk salah satu primadona yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jika berbicara mengenai asuransi ini sendiri, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya produk keuangan tersebut kian diminati oleh masyarakat Indonesia, apalagi pasca pandemi Covid-19, wabah yang menyerang beberapa tahun belakangan ini nyatanya memang membawa dampak pada perusahaan asuransi, karena penjualan produknya mengalami peningkatan yang cukup pesat dibandingkan dengan dulu. Bukan hanya asuransi kesehatan saja, melainkan juga pada produk asuransi jiwa.

Banyak orang yang menyadari bahwa kematian pada dasarnya bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi, sehingga mereka membutuhkan perlindungan yang tepat sedini mungkin, salah satunya adalah dengan asuransi ini. Asuransi jiwa Astra sendiri hadir dalam beberapa pilihan produk, diantaranya adalah produk Flexi Life serta Flexi Life Syariah, salah satunya bisa Anda jadikan sebagai pilihan, namun sebelum itu harus tahu beberapa perbedaannya berikut ini, yaitu:

  1. Manfaat pertanggungjawaban, perbedaan yang pertama dapat dilihat dari segi manfaat pertanggungjawaban yang ditawarkan oleh asuransi tersebut, Flexi Life menawarkan nilai manfaat hingga 5 miliar rupiah, jumlah yang sangat besar bukan, bahkan bisa dijadikan sebagai persiapan warisan untuk anak kedepannya. Sedangkan ada juga produk Flexi Life Syariah dimana mereka menawarkan uang pertanggungjawaban atau manfaat yang lebih kecil, yaitu mencapai 2 miliar rupiah.
  2. Dewan pengawas, kedua jenis asuransi tersebut sama-sama legal secara hukum, namun yang mengawasi berbeda. Jenis asuransi konvensional seperti diantaranya adalah Flexi Life ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK untuk mengatur regulasinya, berbeda dengan asuransi syariah yang memiliki dewan pengawas khusus yang disebut sebagai DPS atau Dewan Pengawas Syariah, sesuai dengan namanya ia tidak sekedar mengawasi regulasinya, melainkan juga menjamin bahwa pengelolaan dananya didasarkan pada syariat Islam.
  3. Kehalalan produknya, banyak diantara Anda yang pastinya sudah tahu bahwa produk asuransi syariah sendiri memang mengutamakan kehalalan, karena mulai dari akad sampai dengan pengelolaan dana semua dilakukan sesuai dengan prinsip syariat Islam. Jadi dijauhkan dari yang namanya riba, judi, hingga gharar. Berbeda halnya dengan asuransi jiwa konvensional seperti Flexi Life ini, meskipun dijamin aman, namun beberapa produknya masih ada riba, sehingga tidak dijamin kehalalannya.

Sebenarnya juga tetap ada beberapa persamaan dari kedua jenis asuransi jiwa Astra  ini, salah satunya adalah merupakan produk yang berbasis digital. Banyak tentunya yang sudah tahu bahwa khusus untuk asuransi digital sendiri semua pengelolaannya didasarkan pada teknologi atau online, sehingga mulai dari prosedur pembelian produk sampai dengan klaim semuanya bisa online.

Menariknya lagi lewat Astra Life ini sudah disediakan kalkulator simulasi yang memungkinkan Anda sebagai calon nasabah untuk menghitung, membanding-bandingkan antara besarnya manfaat serta premi, sehingga lebih mudah memilih yang sesuai. Tidak perlu kemana-mana karena prosedur pembeliannya sendiri mudah cukup dilakukan dari rumah, bahkan tidak wajib untuk melakukan medical checkup. Banyak keuntungan yang dirasakan sebagai nasabah Astra Life.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *