Guna memastikan usia bangunan sesuai dengan ekspektasi, perencanaan dan persiapan awal benar-benar harus matang. Karena itulah, tips memilih struktur bangunan jadi informasi yang penting untuk sebagian besar orang. 

Khususnya, Anda yang bingung antara harus memilih beton instan atau beton konvensional saat akan membangun sebuah bangunan. 

Jangan Gegabah, Perhatikan Beberapa Tips Berikut Dalam Menentukan Struktur Bangunan

Sebagai informasi dasar, struktur bangunan adalah bagian umum yang membentuk berdirinya sebuah bangunan. Hal ini mencakup beberapa unsur seperti dinding, kolom, kuda-kuda, sloof dan atap. Adapun tips-tips yang penting Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan Fungsi Bangunan yang Akan Didirikan

Poin pertama yang penting diperhatikan jika Anda akan mendirikan sebuah bangunan adalah memperhatikan fungsinya. Hal ini dikarenakan, beban yang nantinya terdapat pada bangunan akan mempengaruhi tingkat ketahanannya.

Sebagai contoh, struktur bangunan tinggi sebaiknya menggunakan beton bertulang hingga rangka pemikul. Hal ini dikarenakan, bangunan tinggi memiliki bebannya sendiri.

  • Ketahui Kondisi Lingkungan

Selain fungsi bangunannya, kondisi lingkungan juga harus dijadikan pertimbangan sebelum memilih strukturnya. Pasalnya, tiap kawasan di suatu lingkungan memiliki risiko yang berbeda-beda.

Contohnya, bangunan yang akan dibangun di kawasan dekat perbukitan berisiko mengalami kelembaban lebih cepat. Di samping itu, ada resiko kerusakan akibat gempa, angin, dan berbagai fenomena alam lainnya.

Dampak-dampak yang mungkin dialami akibat fenomena alam ini tentu tidak dapat dihindari. Namun, Anda bisa mencegahnya dengan memilih struktur beton paling tepat. Jelasnya, strukturnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan.

  • Evaluasi Budget

Tips memilih struktur bangunan yang tepat selanjutnya adalah mengevaluasi nilai budget yang siap Anda keluarkan. Poin ini penting diperhatikan mengingat harga tiap jenis struktur bangunan dapat dihadirkan dengan biaya berbeda-beda. 

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan harga ini terletak di material yang dibutuhkan hingga tenaga kerjanya. Struktur bangunan beton bertulang, contohnya, tidak hanya butuh material pembentuk beton tetapi juga perlu banyak besi. Lain halnya dengan struktur bangunan biasa, Anda bisa mengganti besi dengan bahan lain, seperti kayu.

  • Pilih Beton Berkualitas dari Merk Terpercaya

Tips terakhir, Anda sebaiknya memilih beton berkualitas tinggi dari merek terpercaya. Hal ini dikarenakan, daya tahan bangunan Anda sangat bergantung pada strukturnya. Adapun struktur ini dapat tahan lama apabila menggunakan bahan yang berkualitas tinggi.

Lengkapi Kesempurnaan Struktur Bangunan dengan Material Berkualitas

Struktur dan material pembangunan memiliki kaitan erat. Jika sudah menentukan strukturnya, tinggal pemilihan bahan bangunan terbaik untuk melengkapi. Seperti halnya ketika memilih beton instan.

Dari sekian banyak merek beton berkualitas, Anda dapat mempertimbangkan produk buatan SCG. Merek yang sudah dikenal sejak tahun 1913 ini sekarang menawarkan lebih banyak varian produk beton. Salah satunya adalah beton instan. 

Untuk diketahui, produk tersebut cocok jadi pilihan jika Anda akan mendirikan bangunan di area yang sulit dijangkau mobil mixer. Dibandingkan dengan produk ready to mix pada umumnya, material beton dari SCG ini dinilai lebih bagus. 

Beton instan SCG menyediakan berbagai pilihan kekuatan. Yakni mulai B-0 hingga K-500. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan proyek yang dibangun. Mulai dari bangunan rumah hingga pembangunan gedung pencakar langit. Beton ini cocok untuk pembuatan kolom, pondasi hingga plat lantai atau slab

Informasi selengkapnya mengenai beton instan SCG dapat dilihat di laman berikut https://scgcbm.id/. Kini Anda sudah paham mengenai tips menentukan struktur bangunan, bukan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *