Makeup dapat meningkatkan penampilan Anda, membuat Anda merasa lebih percaya diri, dan memberi Anda kesempatan untuk berkreasi dan bersenang-senang dengan penampilan Anda.

Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika makeup pilling atau menggumpal di kulit.

Kadang meski Anda mengganti foundation, makeup masih saja menggumpal.

Ketika penggumpalan terjadi, kemungkinan akan terlihat jelas: “Pilling kulit menjadi lazim segera setelah makeup Anda diaplikasikan, alas bedak Anda berubah menjadi manik-manik kecil atau bola di permukaan kulit,” kata Naseeha Khan, penata rias dan rekan- pendiri Kosmetik CTZN.

Pakar Sebut Alasan Perawatan Kulit Lebih Efektif di Malam Hari Penggumpalan juga bisa lebih halus, dan membuat tekstur kulit Anda terlihat tidak rata, kasar, atau bergelombang.

“Terkadang terlihat seperti kulit terkelupas, terutama jika riasan memiliki warna yang mirip dengan warna kulit Anda,” tambah Sarah Villafranco, pendiri dan CEO Osmia.

“Rasanya seperti butiran kecil di bawah ujung jarimu.” Makeup yang menggumpal bisa terjadi karena beberapa alasan: Saran Dokter buat yang Ingin Memelihara Brewok “Misalnya, Anda menggunakan produk berbahan dasar air di atas produk berbahan dasar minyak,” kata dokter kulit, Suchismita (Tia) Paul.

Jika Anda menggunakan pelembap yang tebal sebelum produk yang lebih tipis seperti serum wajah, serum Anda mungkin menempel di atas kulit Anda.

“Terlalu banyak produk skincare atau terlalu banyak mengaplikasikannya — membatasi kemampuan kulit untuk menyerapnya, sehingga menghasilkan pilling,” kata Dr.

Paul.

“Jika rutinitas Anda melibatkan 12 produk, pada titik tertentu, produk tersebut hanya berinteraksi satu sama lain daripada dengan kulit Anda,” tambah Villafranco.

“Pilling dapat terjadi ketika individu menggunakan terlalu banyak pelembab atau melapisi terlalu banyak produk di atas satu sama lain tanpa memberi kulit cukup waktu untuk membiarkan krim atau serum meresap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan alas bedak,” kata Khan.

Sayangnya, setelah riasan Anda menumpuk, tidak ada yang bisa menyelamatkannya.

“Adalah bermanfaat untuk memulai kembali daripada menghabiskan waktu mencoba memperbaiknya.” Setelah Anda mengetahui penyebab makeup menggumpal, berikut ini beberapa cara untuk menghindarinya “Pastikan wajah Anda dibersihkan secara menyeluruh sebelum menerapkan skincare dan makeup, ”kata Dr.

Paul.

Tindak lanjuti dengan pengelupasan kimiawi untuk mengelupas sel kulit mati agar lebih mudah diserap oleh produk perawatan kulit Anda.

Meskipun itu adalah bahan yang populer dalam perawatan kulit (terutama dalam makeup primer) untuk efek menghaluskannya, menurut Dr.

Paul silikon seperti dimethicone atau cyclopentasiloxane dapat menyebabkan penumpukan ketika digunakan secara berlebihan atau ketika tidak kompatibel dengan bahan lain.

“Hal yang sama dapat terjadi dengan tabir surya mineral yang kaya, produk minyak bumi seperti minyak mineral, atau asam hialuronat dengan berat molekul tinggi, seperti yang mungkin Anda temukan dalam masker lembar,” kata Villafranco.

Jadi, pilihlah formula yang ringan baik untuk produk perawatan kulit maupun makeup Anda.

Atau, ganti waktu saat Anda menggunakan bahan-bahan tertentu — misalnya, gunakan emolien kental Anda pada malam hari.

rutinitas saat Anda tidak memakai riasan saat tidur.

Pada catatan itu, meskipun rutinitas jelas akan bervariasi tergantung pada jenis dan masalah kulit Anda, Dr.

Paul mengatakan umumnya, urutan produk perawatan kulit yang benar adalah melapisinya dari konsistensi yang paling tipis hingga yang paling tebal.

Dengan kata lain, mulailah dengan produk berbahan dasar air seperti serum lalu beralih ke produk berbahan dasar krim atau minyak.

Baik itu pelembab atau foundation Anda, dalam banyak kasus, sedikit saja sudah cukup.

Mulailah dengan sejumlah kecil produk dan evaluasi dari sana.

Lebih mudah untuk melapisi lebih banyak jika diperlukan daripada mengambilnya.

Selain itu, cara Anda mengaplikasikan produk juga penting untuk mengurangi kemungkinan pilling.

“Hindari menggosok produk perawatan kulit Anda secara berlebihan karena gesekan dapat memperburuk pilling,” kata Dr.

Paul.

Kemudian, gunakan spons atau kuas riasan basah untuk membaurkan riasan.

Jika Anda terburu-buru menjalani rutinitas perawatan kulit, Anda langsung mengoleskan produk sebelumnya.

“Berikan waktu yang cukup agar produk menyerap atau mengering sebelum menambahkan lapisan lain,” kata Dr.

Paul.

Satu atau dua menit di antara lapisan perawatan kulit sudah cukup.

“Kemudian tunggu setidaknya lima menit sebelum mengikutinya dengan makeup,” kata Villafranco.

INSTYLE Pilihan editor: 5 Pilihan Warna Color Correcting Concealer agar Makeup Terlihat Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *