banner 468x60

Klinik Mata SMEC Bekasi Bersama JASMERAH Helat Operasi Phaco Katarak Gratis

 Berita Terkini, Kesehatan
Sekda Kota Bekasi, Renny Hendrawati bersama jajaran dokter dan perawat Klinik Mata Smec Bekasi, Sabtu (12/10/2019).

ZONA BEKASI – Sebagaimana diketahui, jumlah pasien katarak meningkat setiap tahunnya. Termasuk di wilayah Kota Kota Bekasi. Melihat kondisi tersebut, SMEC bersama Jaringan Masyarakat Pemilih Rahmat Effendi (JASMERAH) menggelar kegiatan CSR Bakti sosial operasi katarak gratis pada Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Dalam Rangka Memperingati Hari Penglihatan Seduinia 2019 dengan tema “Menuju Kota Patriot Bebas Buta Katarak”. Puluhan warga Kota Bekasi dan sekitarnya, menjalankan operasi mata katarak gratis. Acara bakti sosial dibuka langsung oleh Ceo SMEC Group, Dr. Imsyah Satari, SpM

Hadir pula dalam acara tersebut, Sekda Kota Bekasi, Renny Hendrawati Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati. Juga Polsek Medan Satria dan jajaran anggota JASMERAH.

Sekda Kota Bekasi, Renny Hendrawati mengatakan dengan adanya program operasi katarak gratis tentunya masyarakat Kota Bekasi sangat berbangga. “Kita punya masyarakat sebanyak 2,8 juta jiwa, dan kita juga tentunya tidak hanya usia muda tetepi angka harapanhidup kita sampai usia 80 tahun,” ucapnya.

Menurutnya, adanya bakti sosial dari Klinik Mata SMEC ini, Pemerintah Kota Bekasi sangat berterima kasih berarti yang usaha di Kota Bekasi mempunyai kepedulian terhadap masyarakat Kota Bekasi. “Mudah-mudahan ini menjadi semangat buat yang lainnya,” ujarnya.

Sementara, Vice Ceo SMEC Group, Surya Afrianto menjelaskan, saat ini penyakit katarak merupakan penyebab utama kebutuhan di dunia termasuk Indonesia. Iumlah penderita katarak di Indonesia mencapai 1,4 persen dari jumlah penduduk.

Dr. Imsyah Satari SpM- Ceo smec group (kanan berkacamata), dr. Dharmayanti, M.Kes – Direktur PPKM Smec (kedua dari kanan) dan Sekda Kota Bekasi, Renny Hendrawati lakukan potong pita bersama sekaligus meresmikan pembukaan klinik mata Smec Bekasi.

“Hari ini, kami dari Klinik Mata SMEC mengadakan operasi katarak Bekasi gratis untuk masyarakat Bekasi dan sekitarnya, serta yang berdekatan dengan Kota Bekasi. Kami juga menerima masyarakat dari Cikarang, bahkan dari Purwakarta juga. Semua ini kita lakukan dalam rangka hari penglihatan sedunia, dimana WHO maupun Pemerintah Departemen Kesehatan Indonesia menetapkan bahwa Indonesia bebas katarak 2020,” katanya.

Banyaknya penderita katarak, lanjut Surya, hanya mengandalkan pengobatan normal tidak mungkin tercapai, untuk itu hadirnya Klinik Mata SMEC Bekasi dengan program operasi katarak gratis bisa sedikit meringankan beban pemerintah dalam memerangi buta karena katarak di Kota Bekasi.

Alhamdulillah, antusias masyarakat luar biasa. Kami membuka pendaftaran Kamis malam kemarin, tetapi hari ini masyarakat masih ada saja yang mendaftar. Nah, karena ini acara sosial kami tidak menutup pendaftaran, jika memang terindikasi katarak kami tetap melayani,” jelasnya.

Dijelaskannya, dari operasi katarak yang digelar oleh Smeck Bekasi, kata Surya, tercatat sebanyak 115 peserta ikuti operasi katarak gratis. Untuk yang terindikasi katarak sebanyak 85 persen, operasi ini pun berlangsung selama dua hari.

“Untuk operasi ini, sudah kita mulai dari hari Jum’at kemarin. Karena beberapa pasien yang terindikasi katarak dan mereka sudah pada tahap 1 per 300 tidak bisa melihat lagi langsung kita lakukan operasi pada hari itu juga,” tegasnya.

Dikatakannya, kegiatan operasi katarak gratis akan dilakukan setahun sekali secara bersama Jasmerah dan Pemerintah Kota Bekasi, dengan tujuan bagaimana mengurangi buta katarak. “Lebih dari 50 persen menanyakan apakah bisa menggunakan KS berbasik NIK, melihat antusias masyarakat yang begitu luar biasa, dan kita mempunyai fasilitas terbaik. Kami akan berencana mendaftarkan untuk menjadi salah satu provider,” tegasnya. (GUN)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts