banner 468x60

Erie Mutawalli Sebut UU Pesantren Kado Terindah Jelang Hari Santri

 Berita Terkini, Pendidikan
Wakil Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi, Erie Mutawalli

ZONA BEKASI – Rancangan Undang-undang tentang Pesantren dan Pendidikan Keagamaan telah disetujui menjadi Undang-undang (UU) dalam Rapat Paripurna DPR RI. RUU tersebut menjadi kado terindah dalam Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada hari (22/10).

Hal itu diucapkan oleh Wakil Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi, Erie Mutawalli. Sebagai inisiator terlahirnya Undang-Undang Pesantren, kata dia, kehadiran UU tersebut diharapkannya mampu menjadi payung hukum serta mendorong kemajuan pondok pesantren yang menjadi basis dukungan Partai yang terlahir dari rahim NU itu.

“Ini Kado terindah dan terbesar di Hari Santri, sekaligus kado untuk Cak Imin Ketua Umum DPP PKB yang senantiasa mengawal dan mengingatkan seluruh Anggota Fraksi PKB untuk istiqomah memperjuangkan RUU tersebut,” katanya saat dihubungi via Whatsapp, Rabu (25/9/2019).

Pengesahan RUU kata Gus Erie, termasuk berita yang mengembirakan bukan hanya pesantren tapi madrasah dan lembaga keagamaannya lainnya sangat mengapresiasinya. “Nah, tim kepala daerah baik Kota/Kabupaten atau Gubernur sebenarnya sudah mendorong RUU Pesantren seperti Kang Emil yang ingin membuat Perda Pesantren hingga tertunda lama, karena harus menunggu Pengesahan RUU Pesantren hingga menjadi UU, sekarang jika RUU dan UU sudah ada Kang Emil mau mengeluarkan Pergub juga sudah kuat,” jelas Erie

Menurutnya, kehadiran UU Pesantren merupakan moment yang ditunggi tunggu oleh kalangan Pesantren, madrasah dan lainnya. Karena kata Gus Erie Pesantren bukan hanya dikalangan Nahdliyin, bahkan diluar Nahdliyin juga banyak yang mempunyai pesantren.

Gus Erie yang juga Ketua Pesantren Dukung Ridwan Kamil (Trend RK) Kota Bekasi, berharap UU tentang Pesantren mampu menjadi payung hukum serta mendorong kemajuan bagi pondok-pondok pesantren di seluruh Kota Bekasi khusunya.

“Kehadiran UU ini diharapkan akan memajukan pesantren, tidak lagi ada diskriminasi di dunia pendidikan, sehingga pesantren mendapat perhatian lebih dari Pemerintah, karena nantinya akan menjadi landasan hukum penting bagi pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran di daerahnya masing- masing untuk mengembangkan dan menguatkan pendidikan pesantren dan pendidikan keagamaan,” ucapnya.

Pemerintah daerah akan punya landasan kuat untuk membuat Perda baru berdasarkan UU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Dengan Perda tersebut, daerah akan bisa membuat perencanaan yang kuat dan terstruktur untuk menumbuh kembangkan aktivitas madrasah dan pesantren dalam postur APBD di Kota Bekasi. (GUN)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts