Soal Pencanangan Botim Jadi Kota Pendidikan Bupati Bogor Tak Perlu Repot

 Berita Terkini, Nasional, Pendidikan
banner 468x60

BOGOR (zonapantau.com) – Pencanangan kota pendidikan diwilayah timur Kabupaten Bogor oleh Bupati Ade Yasin di akun resmi media sosial (medsos) pada (25/1) lalu dan dilanjutkan dengan janjinya pada boling kunjungannya ke kecamatan cariu Rabu (13/3) kemarin. Sebenarnya pleaning tersebut sudah lama di canangkan sejak 2012 silam oleh salah satu tokoh bogor timur (botim).

Sekolah perguruan tinggi negeri yang akan membangun kampusnya tersebut di kecamatan tanjungsari adalah UPN Veteran Jakarta di Pondok Labu. Melalui seorang tokoh yaitu Beben Suhendar yang ingin wilayah botim memiliki perguruan tinggi, akhirnya atas keinginan tersebutlah membuat rektor UPN Veteran Jakarta yakni Prof.Dr.Ir. Eddy S. Siradj, M.Sc, Eng bertemu dengan Beben untuk membahas kelanjutannya.

“Kampus negeri tersebut sampai membeli lahan di Tanjungsari sekitar 32 hektar dari total 100 hektar yang di rencanakannya. Dan kini lahan milik UPN Veteran Jakarta tersebut masih ada,” kata Beben, Senin (18/3/2019).

Beben Suhendar, yang juga pernah lima kali menjabat sebagai camat ini, membeberkan usulan izin lokasi untuk kampus negeri di tanjungsari ini sudah melalui pembahasan di Kemendikti. “Bahkan kementerian pendidikan tersebut malah meminta disediakan lahan seluas 500 hektar untuk pembangunan pendidikan yang lainnya,” ujarnya.

Diketahui, dengan proses usulan yang begitu panjang hingga ke pusat, memasuki usulan ke Pemerintah Kabupaten Bogor agar dapat izin lokasinya dengan diawali pembahasannya pada 2016 namun tidak di acc oleh pemkab sendiri di era kepemimpinan Bupati Nurhayanti. “Persetujuan yang sudah didapat di kementerian, akan tapi pemkab malah mengeluarkan surat yang isinya permohonan kampus negeri itu tak dapat dilanjutkan,” bebernya.

Padahal, permohonan izin lokasi kampus negeri itu kedepan nanti untuk menjadi kota pendidikan di Tanjungsari tersebut bertujuan demi memberikan dampak yang positif bagi kemajuan ekonomi wilayah tersebut dan sekitarnya seperti Cariu, Jonggol dan Sukamakmur. “Selain bidang pendidikan, sudah pasti dampak positif lainnya ikut berdampak seperti pada sektor pembangunan bisnis dan ekonomi usaha masyarakat setempat,” terangnya.

Dirinya, berharap pada kepemimpinan dan program pancakarsa Bupati Bogor Ade Yasin dapat mewujudkannya menjadikan Botim khususnya di tanjungsari sebagai kota pendidikan. “Jika di Bogor Barat ada IPB, jika ini terwujud, maka Botim memiliki kampus negeri UPN Veteran,” ucapnya.

“Dan pemkab bogor sebenarnya tak bersusah payah untuk mewujudkan program menjadikan botim sebagai kota pendidikan. Sebab, UPN Veteran Jakarta sendiri untuk awalnya sudah memiliki lahannya seluas kurang lebih 32 hektar di Tanjungsari, tinggal diteruskan saja mendapat persetujuan oleh bupati,” tambah Beben. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts