Sudah Ditegur Satpol PP Galian Liar Tanjungsari Tetap Beroperasi

 Berita Terkini
banner 468x60

BOGOR (zonapantau.com) – Satpol pp kabupaten bogor terkesan tebang pilih tertibkan galian tanah, beberapa pekan lalu satpol pp dari pemda sempat menindak beberapa galian tanah di kecamatan cariu, namun itu tidak berlanjut ke lokasi galian liar di kampung tegal asem Desa Tanjungrasa, Kecamatan Tanjungsari, yang sampai saat ini masih beroperasi.

Padahal, keterangan dari Satpol PP Kecamatan Tanjungsari, bahwa galian di kampung tegal asem tersebut belum mengantongi izinnya. “Iya kang galian di tanjungrasa itu belum ada izinnya, setelah kita tanya ke pengelolanya masih dalam proses pembuatan perizinannya,” kata Dading Effendi, selaku satpol pp kecamatan tanjungsari, Senin (11/3/2019) kemarin.

Katanya, terkait tindaklanjut perizinan yang sedang diurus oleh pengusaha galian itu sampai sejauh ini pihak kecamatan belum mengetahui perkembangannya. “Kewenangan perizinan terkait izin galian kan ada di Provinsi, terlebih lagi informasinya sampai saat ini kita belum dapatkan dari kabupaten apakah galian di tanjungrasa itu sudah mengurus perizinannya atau belum,” ujar Dading.

Terkait ketertiban umum, menurutnya semua pengusaha galian pasti banyak yang tak mematuhinya, seperti jalan umum jadi kotor tidak dibersihkan sehingga membahayakan pengendara lain yang melintas. “Itu sudah kita tegur beberapa kali secara resmi bersurat ke pihak galiannya dan sudah banyak teguran secara lisan, tapi terkadang kita dipusingkan dengan pihak galian yang membandel tak menggubris teguran kita,” ungkapnya.

Untuk penindakannya, masih kata Dading, pihak Satpol PP kecamatan hanya bisa melakukan TKP nya saja. “Kita hanya buat TKP saya karna kita tak punya kewenangan karna tak di fasilitas penegakan perdanya, misalkan harus ada penyidiknya yang disebut sebagai PPNS, karna kecamatan tak ada itu yang bisa melakukan penindakan adalah mako sendiri dalam hal ini adalah Satpol PP Kabupaten Bogor untuk tipiringnya,” tambahnya.

Saat ditanya via seluler, PPNS Satpol PP Kabupaten Bogor, Erwin, mengatakan terkait keberadaan galian di tanjungrasa belum ada laporan dari pihak kecamatan. “Kalau belum, pada prinsipnya masih ditangani oleh kecamatan kang, dari pemkab bogor Masih menunggu,” terangnya, Selasa (12/3/2019).

“Yang jadi permasalahannya untuk galian, sesuai amanat dari UU 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah adalah kewenangan dari Provinsi untuk melakukan izin serta Penindakan. Tapi, dampak atau efeknya dikerjakan oleh wilayah setempat sendiri,” pungkas Erwin.

Satpol Kabupaten cuma sebatas penindakan non yustisi, itu juga sudah di delegasikan kepada unit pol pp kecamatan. “Kalau mau efek jera harus penindakan yustisi yaitu penindakan melalui proses pengadilan, dengan adanya penyitaan barang bukti atau alat bukti seperti Bekonya disita, dan Itu merupakan kewenangan dari Provinsi,” imbuhnya.

Terkait surat tembusan dari kecamatan tanjungsari mengenai keberadaan galian diwilayahnya, masih kata Erwin, harusnya dilaporkan. “Itu harus dilaporkan langsung bukan sekedar tembusan,” ungkapnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts