Sambut Hari Peduli Sampah, UPTD LH Jatisampurna Himbau Agar Masyarakat Lebih Peka Terhadap Kebersihan

 Berita Terkini, Nasional
banner 468x60
Paling Kanan: Kepala UPTD LH Jatisampurna, Erfan Hikmatullah

BEKASI (zonapantau.com) – Menjadi daerah perkotaan yang juga sebagai gerbang utama menuju Ibu Kota Jakarta, Kota Bekasi selain menjadi area bisnis juga merupakan wilayah yang padat pemukiman warga. Hal itu juga dibarengi banyaknya persoalan mengenai pengelolaan sampah, mulai dari Sampah Rumah Tangga hingga Sampah Organik maupun Sampah Limbah B3.

Memasuki Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2019 mendatang, Kepala UPTD Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Jatisampurna (Jasam), Erfan Hikmatullah, menghimbau kepada seluruh masyarakat maupun pelaku usaha bisnis dan lainnya diwilayahnya agar dapat mengelola sampah dengan baik.

Masalah Persampahan, menurut Erfan, masih menjadi persoalan utama terutama terkait sampah liar, terlebih lagi diwilayahnya dilintasi oleh Jalan Nasional alternatif cibubur dan Jalan Provinsi jalan raya hankam . “Tiap hari kita bersihkan di beberapa titik lokasi sampah liar, tiap hari pula masih banyak yang buang sampahnya ke TPS liar tersebut, namun tetap kita lakukan tugas pembersihan tiap harinya,” ujarnya, Selasa (19/2/2019).

Petugas kebersihan UPTD LH Jatisampurna saat mengangkut sampah liar

Selain itu, lanjut Erfan, tentang jenis sampah juga masyarakat harus dapat memilahnya. “Sebisa mungkin, mengenai hal yang kecil contohnya seperti kurangi menghasilkan sampah plastik dari botol minuman dan gunakan botol minuman daru rumah agar bisa di gunakan tiap harinya, serta untuk mengganti kantong plastik kresek bisa menggunakan Bag atau kantong belanja,” pungkasnya.

“Jika sedang makan pun ambil secukupnya dan di habiskan agar dapat mengurangi sampah yang ada. Kita juga harus dapat memilah 3R (reduce, reuse dan recycle) dalam pengelolaan sampahnya, serta aktifkan seluruh komponen instrumen bank sampah di masing-masing RW,” terang Erfan di sela-sela kesibukannya.

Erfan menambahkan, kepedulian sampah tergantung pada diri kita sendiri, apakah orang tersebut peduli terhadap lingkungannya atau tidak. “Sebab, keberadaan lokasi TPS liar tidak sedikit dilakukan oleh oknum masyarakat itu sendiri, dan bahkan adanya juga oknum pelaku usaha yang sengaja buang sampahnya sembarangan, karna pernah pada malam menangkap basah sebuah mobil box bertuliskan dari salahsatu restoran buang sampah liar di jatisampurna,” bebernya.

“Saya berharap agar secara menyeluruh seluruh elemen masyarakat khususnya di jatisampurna ini benar-benar peduli terhadap lingkungannya sendiri. Mari kita bangun bangun kesadaran itu mulai dari diri kita sendiri,” harapnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts