banner 468x60

Jika Benar, Pemkab Terlalu Berani Hibah Pemprov Untuk Alun-alun Jonggol Di Alihkan

 Berita Terkini, Pemerintahan
Siteplant Untuk Penataan Alun-alun Jonggol yang sudah direncakan beberapa tahun silam

BOGOR (zonapantau.com) – Warga yang juga mantan Camat Jonggol Beben Suhendar, menduga ada yang tidak relevan terkait batalnya revitalisasi Alun alun Jonggol, jika informasi tersebut benar kalau hibah dari APBD pemprov jawa barat tersebut di alihkan menjadi APBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Bahkan dari yang di dengarnya, proyek bantuan hibah Pemprov Jawa Barat yang meminta untuk penataan Alun-alun Jonggol dialihkan untuk revitalisasi Setu Cirimekar Cibinong.

“Jika anggaran tersebut dialihkan masih diwilayah Kecamatan Jonggol kita tidak keberatan. Akan tetapi secara resmi usulan maupun pengajuan kita melalui Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) jonggol sudah berlangsung saat gubernur masih di jabat oleh Ahmad Heryawan pada April 2018 lalu,” terang Beben Suhendar selaku tokoh masyarakat kecamatan jonggol, Kamis (14/2/2019) kemarin.

Lanjut Beben, dirinya membeberkan pada 2016 disaat dirinya masih menjabat sebagai camat jonggol memberitahu bahwa penataan alun-alun adalah salah satu inovasi yang sedang di programkan saat itu. “Karna penataan alun-alun ini membutuhkan biaya yang besar pertama kita mengusulkan ke pemkab bogor, saat itu sudah ditinjau oleh tim yang diketuai pak Ajat kabid Bappeda setempat,” katanya.

Namun beberapa waktu kemudian, masih kata Beben, dirinya bersama warga jonggol tak dapat informasi tindaklanjut yang signifikan dari pemkab bogor sendiri. “Akhirnya pada April 2018 lalu KNPI kecamatan jonggol gabungan bersama ormas-ormas setempat inisiatif bersurat secara resmi disertai proposal pengajuan atau usulan untuk penataan alun-alun jonggol ke pemerintah provinsi jawa barat, saat itu diterima langsung oleh Ahmad Heryawan selaku gubernur,” ujarnya.

Katanya, peralihan anggaran hibah pemprov jabar yang seharusnya diperuntukan untuk penataan Alun-alun Jonggol di alihkan untuk revitalisasi Setu Ciri Mekar di Cibinong, jika benar seharusnya ada pemberitahuan kepada masyarakat jonggol. “Kalau peralihan ini benar apa adanya yang terjadi, maka pemkab bogor telah menyalahi aturan, sebab dana hibah proyek dari APBD pemprov jabar tersebut jika teralihkan maka yang berhak merubahnya adalah pemprov sendiri,” ucap beben kepada wartawan.

Dirinya beranggapan, sangat disayangkan usulan dari KNPi jonggol untuk penataan alun-alun yang besaran biayanya miliar rupiah, kini di anggarkan oleh apbd pemkab bogor hanya sebesar kurang lebih 600 juta saja. “Mari kita bertaruh, di Pemprov Jawa Barat telah memberikan bantuan keuangan untuk revitalisasi alun alun atau bukan,” cetusnya.

“Belum lama ketua DPD Gerindra Jabar Mulayadi sudah bicara ke beberapa anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat, untuk memastikan bahwa peruntukan bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat ke Kabupaten Bogor itu tetap sesuai rencana sebelumnya yaitu revitalisasi Alun alun Jonggol,” pungkasnya.

Beben menambahkan, masyarakat jonggol terutama pemuda KNPI sedang mempertanyakan pengalihan jenis proyek tersebut. “Apakah benar realisasi penataan alun-alun jonggol hibah dari pemprov jabar tersebut betul telah beralih ke revitalisasi Setu Ciri Mekar di Cibinong,” ungkapnya. (Yudhi)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts