banner 468x60

Pansus Pemekaran Kabupaten Botim Tinjau Lokasi Calon Ibukota DOB Setempat

 Berita Terkini, Nasional

BOGOR (zonapantau.com) – Rombongan Anggota Pansus Daerah Otonomi Baru Bogor Timur (DOB BOTIM) DPRD Kabupaten Bogor yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Pansus Junaedi Samsudin meninjau Lokasi Lahan untuk persiapan untuk Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur, di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, Kamis (14/2/2019).

Selesai meninjau, rombongan pansus bergeser ke Aula Kantor Kecamatan Jonggol pada sesi acara Publik Hearing dengar jejak pendapat dengan para tokoh masyarakat dan para perwakilan masyarakat Ormas OKP dan Kepala Desa se Kecamatan Jonggol.

Ketua Pansus, Junaidi Syamsudin, mengatakan dalam rangka meninjau lokasi calon Ibukota kabupaten bogor timur merasa belum sesuai harapannya sesuai administrasinya. “Diantaranya masih banyak kajian yang harus kami lakukan, belum lagi jumlah SKMD persetujuan dari semua kepala desa masih kurang 8 kades,” imbuhnya.

“Kami menyerap usulan namun kami akan sampaikan tahapan demi tahapan setelah 25 hari kerja yang, sejak dibentuk Pansus sesuai tatib pansus, persetujuan minimal 20 hari sampai 1 tahun dan kami berjuang untuk program pemekaran Bogor Timur. Bagaimana mungkin tanpa anggota Dewan pamekaran ini bisa terjadi, dan kami pun sudah studi banding keberbagai daerah, kami menemukan hal yang seharusnya di kaji ada beberapa syarat yang harus dipenuh ada catatan yang harus digaris bawahi,” ucapnya.

Karena adanya perbedaan untuk itu kami mengupayakan ingin secepat cepatnya penyelesaian pansus ini kami mengkaji beberapa hal seperti persyaratan daerah, persyaratan Administrasi, dan persayaratan dasar soal kewilayahan karena hal yang prinsip harus yang hasil musyawarah desa. Dari 75 desa atau 100 persen, tapi yang ada baru 67 desa yang membuat SKMD, daripada memaksakan dengan seadanya ini akan hanya buang waktu sisa surat keputusan desa yang 8 desa lagi harus tetap membuat, tetapi pada prinsipnya pemda bersama DPRD mendukung 100 persen pemekaran DOB Bogor Timur, tanpa kerja sama kami semua akan mustahil terwujud pungkas,” pungkas Junaedi.

Sementara Beben Suhendar salah satu Inisiator Pemekaran Bogor Timur, mengatakan, dirinua atas nama jajaran penasihat dan presidium botim memberikan apresiasi atas kunjungan tim pansus meninjau calon lokasi ibu kota di desa singasari dilanjut public hearing dengan seluruh elemen komponen warga masyarakat kecamatan jonggol. “Semoga keputusan hasil pansus memberikan harapan baru bagi warga botim untuk mempercepat ksejahteraannya,” ulasnya.

Terpisah, usai acara hearing public, Alhafiz Rana, selaku Ketua Umum Presidium Bogor Timur mengatakan Insya ALLAH SKMD yang masih kurang selama 20 hari kedepan akan kita selesaikan.

“Ini bukan prinsip, tapi hanya kepada persoalan administratif,” ujarnya.

Hafiz menambahkan, dirinya percaya kepada temen-temen pansus DOB Kabupaten Bogor ini bisa bekerja sepenuh hati. “Mereka bisa memperjuangkan untuk pemekaran bogor timur, dan publik hering tadi kami selaku pengurus presidium bogor timur sangat puas dengan kehadiran seluruh tokoh masyarakat khususnya di jonggol ini,” terangnya.

“Saya himbau kepada teman-teman dan masyarakat agar semakin kompak dalam mengawal pemekaran untuk terwujudnya kabupaten bogor timur ini,” ujarnya. (Yudhi)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts