Pemkot Bekasi Siapkan Rompi Disiplin Bagi Pegawai ‘Nakal’

 Berita Terkini
banner 468x60

ZONA BEKASI – Dalam rangka memberikan efek jera, Pemerintah Kota Bekasi menerapkan sanksi berupa pemakaian rompi. Pemkot sendiri telah menyiapkan dua jenis rompi yang berbeda, rompi pertama berwarna ‘HIJAU’ bertuliskan ‘Saya Belum Disiplin’ dan rompi yang kedua berwarna ‘ORANGE’ yang bertuliskan ‘Melanggar Disiplin Berat’.

Sistem itu mulai dilakukan hari ini, Senin (14/1/2019) dan seterusnya, di setiap awal pekan pelaksanaan Apel Gabungan di Plaza Pemkot Bekasi. Sanksi ini diterapkan dengan merujuk pada PP No 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan PERWAL No.72 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Pembinaan  Tenaga Kontrak Kerja Dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

“Bagus gak buat shock terapi disiplin? Kalo bagus, ini adalah sebuah ajakan untuk melakukan sebuah aktualisasi kerja. ASN dituntut kerja untuk berprestasi. berprestasi itu kolerasinya dengan kepuasaan masyarakat. Jadi ini bukan opini, ini nyata,” terang Rahmat Effendi kepada awak media.

“Saya ajak ini karena rasio kita ini 1 (pejabat) melayani 122 (warga). Kita ini sebenarnya beban kerjanya ringan karena aparaturnya banyak. Sekarang saya ajak mereka buat disiplin berkarakter dan punya tanggung jawab,” tambahnya.

Sebanyak 200 rompi disediakan. Terdiri dari warna orange (tidak disiplin kategori berat) dan hijau stabilo (tidak disiplin kategori ringan).

“Ini (200 rompi) gak cukup. masih kurang. tadi ada 500 (pegawai yang gak disiplin),” tukas Rahmat Effendi.

Adapun kriteria ketidak disiplinan aparatur di antaranya tidak mengikuti program subuh keliling (suling), tidak mengikuti apel serta kinerja selama menjalani tugas dan tanggungjawabnya.

“Kalau proses dilalui dengan benar, maka penghargaan akan mengalir. bukan pencitraan. Kita akan siapkan perwalnya,” imbuh Rahmat Effendi. (GUN/HMS)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts