Tiga Kelompok Jurnalis Berikan Bantuan Langsung Dana Sumbangan Ke Korban Tsunami Selat Sunda

 Berita Terkini, Nasional
banner 468x60

BANTEN (zonapantau.com) – Sejak dari hari Senin (7/1/2019) kemarin sejumlah awak media (wartawan) bersama unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan bantuan dana sebesar lebih dari Rp. 100 juta kepada korban bencana Tsunami Selat Sunda di Banten.

Empat Wilayah di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menjadi sasaran para Jurnalis Bekasi, yang tergabung di Forum Jurnalis Bekasi (Forjas), Rukun Jurnalis Bekasi (Rujuk) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, untuk menyalurkan bantuan kepada korban terdampak Tsunami Selat Sunda,

Bantuan yang diberikan, dari para donatur di Kota Bekasi itu, dibagikan secara langsung oleh para Jurnalis Bekasi kepada warga yang masih belum tersentuh bantuan.

Melalui telpon seluler, Kartono, koordinator penyaluran bantuan mengatakan, Jurnalis Bekasi Bersatu sengaja tidak membawakan sembako atau baju seperti bantuan-bantuan yang diberikan donatur lainnya. “Sebab kebutuhan sandang dan pangan yang ada saat ini sudah sangat cukup bagi korban terdampak Tsunami Selat Sunda,” katanya, Rabu (9/1/2019).

“Sebelum kami kesini, kami sudah buka jaringan terlebih dahulu sama tim relawan disana. Disana kami hubungi Komunitas Relawan Independen (KRI) For Indonesia, relawan binaan Basarnas. Mereka memberikan data langsung kepada kami, soal jumlah warga yang belum secara merata menerima bantuan,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi saat ini korban terdampak Tsunami Selat Sunda, sangat membutuhkan bantuan seperti seragam sekolah, tas sekolah, buku serta perlengkapan-perlengkapan sekolah.

“Dari data yang ada, ternyata banyak korban yang saat ini belum bisa maksimal untuk sekolah seperti biasanya. Keadaan ruang sekolah yang hancur, ruang belajar yang tidak di lengkapi bangku dan kursi, bahkan buku-buku pelajaran pun juga habis terbawa tsunami kemarin. Jadi mereka butuh itu semua, makanya kita bagikan donasi ini, bukan berbentuk barang tetapi uang secara langsung,” jelasnya.

Kartono berharap, Jurnalis Bekasi Bersatu bisa kembali menyalurkan bantuan selanjutnya kepada para korban di Banten, sambil menunggu data terupdate dari KRI.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada tim relawan KRI dan Dinas Perhubungan serta BPBD Kota Bekasi yang juga turut serta membantu jalannya penyaluran donasi bagi korban terdampak Tsunami Selat Sunda. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts