Giat Sosialisasi KS, Lurah Jakamulya Berharap Warga Memahami Sistem Rujukannya

 Berita Terkini, Pemerintahan
banner 468x60

Kepala Puskesmas Jakamulya, dr. Dedes Nurbayati, saat melakukan pemaparan mengenai proses rujukan KS-NIK

BEKASI (zonapantau.com) – Kelurahan Jakamulya laksanakan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Daerah Kota Bekasi yang berbasis NIK (Karti Sehat) bagi warganya, Kamis (15/11/2018) di gedung pertemuan museum samping kelurahan jakamulya. Dihadiri seluruh ketua RT/RW, Kader Posyandu, Unsur Tokoh Masyarakat serta Unsur Kepemudaan.

Kepala Puskesmas Jakamulya, dr. Dedes Nurbayati, memaparkan sosialisasinya di depan warga setempat mengenai tata cara pelayanan ke Puskesmas, terlebih dahulu Pasien yang memiliki kartu sehat ke loket pendaftaran untuk melakukan pemeriksaan tahap awal Fasilitas Kesehatan (Faskes) tahap pertama.

Didepan para peserta warga kelurahan jakamulya, dr. Dedes menghimbau agar pengguna KS-NIK dalam mengawalinya dengan rujukan berjenjang. “Pasien dalam keadaan sakit ringan tahap awal harus terlebih dahulu ke puskesmas, kecuali dalam keadaan darurat bisa langsung ke rumah sakit swasta dan rumah sakit tak boleh menolak serta meminta uang jaminan,” terangnya.

“Layanan yang di jaminkan KS-NIK tanpa rujukan puskemas ada lebih dari 13 item layanan, termasuk layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) bahkan layanan pada persalinan hingga perawatan bayi yang baru lahir,” paparnya.

Masih kata dr. Dedes, layanan yang tidak di jaminkan oleh KS-NIK, seperti layanan kosmetik, kecantikan, konsultasi kesehatan, layanan kesehatan yang tak berdasarkan indikasi medis dan lainnya di luar seperti General Chek Up maupun lainnya.

Menurutnya, semua pemilik KS-NIK maupun BPJS bisa berobat di puskesmas mana pun wilayah kota bekasi, walaupun domisili pasien tersebut berbeda dengan alamat puskesmas yang dia tuju.

Terpisah, Lurah Jakamulya, Bahrudin, berharap kepada warga masyarakatnya khususnya dan kota bekasi pada umumnya setelah diadakannya Sosialisasi Jaminan Kesehatan Daerah Kota Bekasi yg berbasis NIK ini masyarakat dapat memahaminya.

“Semoga warga tahu cara bagaimana alur yang seharusnya dilakukan bagi pengguna KS, terlebih sekarang harus tetap menggunakan rujukan dari puskesmas sebelum masuk ke RS yang di tuju,” harap Lurah Bahrudin, agar seluruh warganya dapat memahaminya.

Selanjutnya, masih kata Lurah Bahrudin, sesuai rujukan dari puskesmas namun demikian, dirinya berharap warga masyarakat jakamulya agar selalu Sehat.

“Selanjutnya, yang saya inginkan adalah warga jakamulya agar selalu sehat,” ucapnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts