Kecamatan Dan Puskesmas Jatiasih Sukses Gelar Lomba Cerdas Cermat Kader Posyandu

 Berita Terkini, Kesehatan, Pemerintahan
banner 468x60

Camat Jatiasih, Nesan Sudjana, saat memukul gong pertanda dibukanya secara resmi penyelenggaraan lomba cerdas cermat kader posyandu, Sabtu (10/11/2018).

BEKASI (zonapantau.com) – Dalam rangka momen Hari Pahlawan, Kecamatan Jatiasih bekerjasama dengan Puskesmas Jatiasih mengadakan Lomba Cerdas Cermat Kader Posyandu. Sebanyak 1508 kader dari 168 Kelompok Kerja Kader Posyandu ikut memeriahkan dalam perlombaan itu, Sabtu (10/11/2018).

168 kelompok kerja (Pokja) kader posyandu berasal dari enam kelurahan, diantaranya Jatiasih, Jatirasa, Jatiluhur, Jatisari, Jatimekar dan Jatikramat.

Materi yang diperlombakan untuk para peserta dari kader posyandu, adalah yang berhubungan dengan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan ke Masyarakat serta Pemahaman terhadap alur pemerintahan. Kegiatan lomba cerdas cermat kader posyandu ini merupakan satu-satunya yang ada di kota bekasi yakni di Kecamatan Jatiasih sebagai pihak utama yang menyelenggarakannya, oleh karena itu banyak support yang datang selain dari dinas terkait.

Sebelum perlombaan, para peserta kader posyandu melakuan senam bersama

Sebelum dimulainya lomba cerdas cermat, pihak penyelenggara untuk para peserta melakukan senam bersama. Dari perlombaan tersebut juga disediakan para juri penilai yang membidangi tentang kesehatan maupun tentang pelayananannya.

Banyak pihak yang mengsupport kegiatan yang diadakan oleh pihak Kecamatan bersama Puskesmas Jatiasih. Diantaranya, dari RS. ANNA, RS. Kartika Husada, BPJS Kesehatan, RS. Karunia Bakti (Jatiwaringin), Puskesmas Jatiasih, Puskesmas Jatiluhur, dan tak lupa DP3KB Kota Bekasi yang paling maksimal dukungannya demi maksimalnya kegiatan perlombaan edukatif tersebut.

Dra. Tetet Hariyati, selaku Kabid DP3A pada Pengarus Utamaan Gender Pemberdayaan Perempuan dan kualitas keluarga, yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan posyandu saat ini sudah memasuki generasi keempat. Selain itu pihaknya mensosialisasi tentang pemberdayaan perempuan terutama pada ibu rumah tangga. “Kita lakukan pembinaan terhadap kaum perempuan maupun para kader posyandu,” ujarnya di saat sambutan.

Camat Jatiasih, Nesan Sudjana, dalam sambutannya mengatakan untuk seluruh para kader posyandu wilayah jatiasih ini bukan hanya untuk dapat mengerti terkait tupoksinya. “Akan tetapi kader posyandu juga harus memahami situasi yang ada di pemerintahan, misalkan pembayaran insentif mengalami keterlambatan, itu bukan berarti belum di bayar, akan tetapi masih dalam proses administrasinya,” terangnya.

Nesan menghimbau di depan ribuan kader posyandu agar dapat mengetahui persoalan yang terjadi ditiap wilayah masing-masing. “Kader posyandu harus bersinergi terhadap pemangku pimpinan warga seperti RT RW setempat, supaya hal tersebut dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

“Dengan Rahmat ALLAH swt, Lomba cerdas cermat kader posyandu kecamatan jatiasih ini, saya nyatakan resmi di buka,” tambah Camat Nesan. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts