Dugaan ‘Maladministrasi’ Minggu Depan DLH & KLHK Diperiksa Ombudsman

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

Bogor (zonapantau.com) – Terkait dengan memburuknya kualitas air Sungai Cileungsi yang di duga tercemar oleh limbah beberapa perusahaan di seputar Sungai Cileungsi. Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya akan melakukan pemeriksaan dugaan ‘maladminitrasi’ penanganan IPAL perusahaan di seputar sungai Cileungsi/Sungai Bekasi kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Dirjen Penegakan Hukum KLHK, di hari Rabu (10/10/2018) nanti.

“Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengetahui alasan KLH dan DLH Kabupaten Bogor yang belum secara penuh melakukan pengawasan dan penindakan terhadap perusahaan yang diduga mencemari Sungai Cileungsi yang menjadi air baku PDAM Patriot di kota bekasi,” jelas, kata Taguh P Nugroho, selaku Kepala Perwakilan Jakarta Raya pada Ombudsman, Jum’at (5/10/2018).

Teguh menegaskan, bahwa panggilan tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana proses pengawasan dan penindakan dari DLH maupun KLHK tersebut. “Kepada perusahaan yang membandel dengan tidak mengolah limbahnya dengan baik dan langsung membuang limbahnya ke sungai cileungsi,” terangnya.

“Padahal, beberapa hari lalu DLH Kabupaten Bogor sudah menyegel tempat pengelolaan limbah milik 4 perusahaan industri di wilayah kecamatan gunungputri maupun klapanunggal. Namun, dari penyegelan empat perusahaan tersebut bukannya pencemarannya makin berkurang, justru malah pencemarannya semakin parah,” cetusnya.

Sebelumnya DLH Kabupaten Bogor melalui jajarannya sudah membongkar 1 saluran air milik PT di Desa Tlajungudik, dan menyegel IPAL milik PT HTI, PT AIP, PT FOTSF dan PT MP.

Informasi yang di dapat dari laporan warga dekat jembatan Cikuda Cileungsi, bahwa sudah tiga hari pencemaran kembali terjadi dengan bukti air sungai kembali menghitam dan airnya menjadi bau menyengat. Kejadian kembali terjadi pada pada Rabu (3/10/2018) pada sore hari sekitar pukul 16.00 atau 17.00, Kamis pagi (4/10) pada pukul 08.00, dan Jum’at (5/10) pagi tadi, juga kembali terjadi pencemaran. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts