Program 1.000 Titik Wifi Terganjal Anggaran

 Berita Terkini, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI – Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi agaknya masih kesulitan mewujudkan target 1.000 titik wifi. Menurut Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Titi Masrifahati realisasi program yang dilaunching pada November tahun lalu itu terhambat masalah anggaran.

“Sekarang ini kita baru ada 360 titik wifi. Dari APBD sudah dialokasikan untuk 30 persen. 60 persennya lagi nanti kita coba minta tambahan dari APBD tahun depan, kemudian kita harapkan ada kontribusi dari masyarakat,” ujar Titi kepada wartawan, Kamis (4/10/2018).

Untuk tahun ini sendiri, Titi mengaku alokasi anggaran yang diberikan kepada Diskominfostandi untuk program Smart City Kota Bekasi hanya sekitar Rp725 juta. Serta ada anggaran terkait yang tersebar di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Anggaran Rp725 juta itu untuk tenaga ahli saja. Kalau keseluruhan anggaran Diskominfostandi, juga pendukung smart city termasuk untuk infrastrukturnya ada Rp8 miliar,” terangnya.

Titi menilai, jika mengharap pada APBD, maka realisasi program penunjang smart city tersebut akan lebih lama terwujud. Oleh karena itu, Titi mengimbau agar perusahaan mapan yang ada di Kota Bekasi bisa turut memberi sumbangsih.

“Bagi perusahaan yang sudah bagus dan mapan di Kota Bekasi wajib memberikan sumbangan. Di antaranya pemasangan wifi di tempat-tempat tertentu. Itu harus dijadikan komitmen bersama,” tukasnya.

“Sejauh ini sudah ada yang membantu, di antaranya provider seperti Moratel, Bizznet dan Telkom. Kita ingin dari pengusaha-pengusaha BTS, tower-tower itu. Selain mungkin sudah melakukan bantuan kepada masyarakat sekitar, alangkah baiknya apabila 800 tower di Kota Bekasi bisa menyumbang masing-masing satu wifi. Kalau itu terealisasi jadinya bisa mencapai target 1000 wifi,” sambung Titi.

Lebih lanjut, Titi berharap program 1.000 titik wifi dapat terealisasi tahun 2019 mendatang, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengakses berbagai hal-hal bermanfaat dari jaringan internet cepat. (GUN)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts