Kang Emil Resmi Lantik 6 Kepala Daerah Se Jabar

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

JABAR (zonapantau.com) – Secara resmi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (kang Emil) telah melantik enam kepala daerah kota maupun kabupaten. Sebelumnya, kang Emil membacakan sumpah jabatan enam kepala daerah terpilih menjadi bupati dan wali kota definitif di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (20/9/2018).

Pembacaan sumpah jabatan itu langsung diikuti enam kepala daerah terpilih. Para bupati dan wali kota definitif ini dengan lantang mengucapkan ulang sumpah yang dibacakan Ridwan Kamil.

Sebelum bersumpah, Emil sempat menanyakan kesiapan dan tanggungjawab yang diamanahkan kepada para pemimpin daerah tersebut. Sebab, selain memiliki tanggung jawab kepada rakyat, para pemimpin ini juga akan bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Sebelum membacakan sumpah, apakah saudara siapa bertanggung jawab terhadap Kesejahteraan rakyat? Karena, sumpah ini di samping disaksikan oleh diri sendiri dan oleh semua yang hadir sekarang ini, juga penting sekali untuk disadari bahwa sumpah ini disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa karena Tuhan itu Maha mendengar dan maha mengetahui,” kata Emil.

Dia berharap, sumpah yang akan diucapkan ini harus dalam kesadaran yang sepenuhnya dengan kemauan yang sungguh-sungguh. Sebab, sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan menjalankan segala undang-undang dan peraturan yang seutuhnya dan berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap para kepala daerah serentak.

Emil juga mengucapkan selamat atas dilantiknya enam kepala daerah dan berharap para pemimpin ini bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan Semoga Allah SWT.

Diketahui, proses pelantikan kepala daerah pemenang Pilkada 2018 di Jabar akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan surat dari Kemendagri. Tahap pertama, pelantikan dilakukan terhadap kepala daerah terpilih Kota Bandung, Sukabumi, Bekasi, Kabupaten Sumedang, Bandung Barat, dan Kabupaten Purwakarta. (Yudhi)

Sumber: INews online

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts