Memaknai Hut RI Ke-73 Warga Jatisari Kota Bekasi Pungut Sampah Di Kali Cikeas

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

BEKASI (zonapantau.com) – Sungai merupakan ekosistem kehidupan makhluk hidup, dalam hal ini selain dengan biota sungai, juga tak dapat di pisahkan akan selalu berdampingan terutama dengan manusia. Seperti yang dilakukan oleh warga RW 09 Kelurahan Jatisari dengan melakukan program kali bersih di sepanjang aliran Kali Cikeas, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (18/8/2018).

Dengan tema ‘Jadikan Sungai Sebagai Teman Hidup’, ketua RW 09 menggagas Festival kali cikeas bersih dengan mengadakan perlombaan memungut sampah. Kegiatan tersebut untuk pertama kalinya di lakukan, terlebih lagi Lurah Jatisari Mulyadi juga ikut sebagai pendukung dari intansi pemerintah dalam program kegiatan itu.

“Festival Kali Cikeas Bersih ini di ikuti oleh 8 RT di RW 09. Yang unik dan kreatifnya lagi perahu / getek yang di pakai warga untuk memungut sampah di buat dari bahan-bahan barang bekas atau limbah, hebatnya lagi itu perahu bisa menampung delapan orang,” kata Bayong sebutan sapaan akrab Lurah Mulyadi.

Katanya, kegiatan tersebut merupakan perlombaan mengambil sampah di sungai. “Akan tetapi makna yang sesungguhnya adalah bertujuan bagaimana dapat mengajak masyarakat untuk dapat menjadikan sungai sebagai teman bukan musuh, kan selama ini fenomena yang terjadi pada pandangan masyarakat bahwa sungai itu dijadikan sebagai musuh karna banyak oknum yang buang sampah maupun limbah,” paparnya.

“Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan di ikuti oleh daerah lainnya yang bersentuhan dengan aliran Sungai Cikeas ini. Sekiranya sungai jika dipelihara oleh kita bersama secara kolektif kemasyarakatan maka sungai itu akan menjadi luar biasa Makna dan Manfaatnya buat sumber kehidupan,” tambah Lurah Mulyadi sembari mengungkapkan harapannya.

Lurah Mulyadi menambahkan, jika perilaku masyarakat menganggap sungai sebagai sumber kehidupan yang di ikuti mulai dari Hulu sampai Hilir maka sungai cikeas selesai, dalam arti kali sungai tersebut bersih dan enak di pandang.

“Kalau kali bersih sumber kehidupan berjalan dengan baik, Sekarang boro-boro ikan bisa hidup karna banyak limbah yang di buang ke sungai. Selain masyarakat semangat dalam menjaga lingkungan, juga pemerintah yang membuat regulasi perizinan, terhadap perusahaan industri jika ada yang membuang limbah ke sungai maka harus dapat di tindak dengan tegas,” pungkasnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts