Pemerhati Menilai Pj Walikota Bekasi Gagal Mengemban Amanah Sebagai Kepala Daerah

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60
Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Bekasi, Didit Susilo

Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Bekasi, Didit Susilo

ZONA BEKASI – PENJABAT (Pj) Walikota Bekasi, Ruddy Gandakusumah, dinilai gagal mengemban amanah sebagai Kepala Daerah. Hal itu diungkapkan oleh Pemerhati Kebijakan dan Pelayanan Publik Bekasi, Didit Susilo, Rabu, 01 Agustus 2018, kepada zonapantau.com.

Menurutnya, Ruddy gagal mengkoordinasikan, membina dan memberdayakan birokrasi. Pola komunikasi yang dibangun tidak jelas sehingga sangat mempengaruhi ritme tata kelola pemerintahan.

Dijelaskan, faktanya, Kepala Kesbangpol Pemprov Jabar tersebut tidak ada progres justru yang timbul malah kegaduhan dan situasi birokrasi yang tidak kondusif. “Meski ada konflik personal dengan Sekda Rayendra, seharusnya menjadi ujian dalam mengelola birokrasi dan terus memperbaiki komunikasi,” ujarnya.

“Beliau kan pamong, seharusnya bisa mencari solusi dan merangkul semua pihak. Bukan malah tambah keruh,” cetusnya.

Lanjut, dikatakannya sebagai Kepala Daerah yang ditunjuk Mendagri, jabatan tersebut bersifat transisi untuk memastikan jalannya pemerintahan daerah secara baik dan benar, mempersiapkan ‘ jalan’ terkait program, visi misi, anggaran, RPJMD, bagi Kepala Daerah hasil Pilkada.

“Kan harus ada Singkronisasi dan fasilitasi terkait suksesi tersebut. Kalau tidak ada komunikasi sama sekali ya runyam. Bahkan yang ada sikap penolakan terhadap Pj Walikota. Kalau pimpinan cuek bebek ya makin panas situasinya. Kasihan pelayanan publik jadi ikut terganggu,” tegasnya.

“Sesuai dengan SK Kepala BKN No. K 26-30/V.100-2/99 tahun 2015 tentang Penjabat Kepala Daerah, dilarang membuat kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya,” paparnya.

“Dalam SK itu berarti terkait kordinasi penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan yang berkelanjutan. Meski tidak dijelaskan secara implisit, salah satu tupoksi (Pj) Kepala Daerah memperlancar jalannya pemerintahan daerah,” pungkasnya. (Dhigan)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts