Tradisi Babaritan Di Kranggan Bukti Kelestarian Budaya Asli Bekasi Yang Terjaga

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Para sesepuh tokoh adat dan tokoh masyarakat Kranggan Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, telah melaksanakan rutinitas tahuhan tradisi Babaritan atau sedekah bumi tingkat kecamatan, di pelataran kantor camat jatisampurna, ba’da Jum’at (20/7/2018).

Dalam kegiatan babaritan tersebut bersama Camat dan Jajarannya, Para Sepuh, Tokoh Adat maupun Masyarakat setempat menyajikan makanan untuk disantap bersama-sama. Babaritan merupakan kegiatan yang didalamnya adalah untuk Sedekah Bumi atau ungkapan Rasa Syukur kepada ALLAH swt Tuhan Yang Maha Esa.

Tokoh Pelestari Budaya Keturunan Asli pendiri tradisi Babaritan, H. Anim Imanudin, SE, MM, sekaligus Ketua DPC PDIP Kota Bekasi, mengatakan tradisi yang masih kita lestarikan ini salahsatunya yang biasa disebut babaritan atau sedekah bumi.

“Tradisi sedekah bumi ini bertujuan untuk memohon kepada Sang Pencipta ALLAH swt, agar kita mendapatkan keberkahan dan diwilayah kita ini supaya dijauhkan dari marabahaya. Tradisi seperti ini biasanya dilakukan di bulan tertentu, nah kebetulan saat ini masuk bulan Apid,” ujar Anim.

Selain itu, masih kata Anim Imanudin, kebetulan pusat tradisi budaya yang sudah turun-temurun ini berada di rumahnya, dan sudah berlangsung dari generasi ke generas. “Saya generasi kedelapan, dan kakak kandung saya sendiri abah Olot Kisan sebagai Kepala Tokoh Adat Kranggan. Dan rumah saya juga di lestarikan oleh Pemerintah Kota Bekasi sebagai pusat Budaya Bekasi, sebab hanya kranggan yang masih menjaga tradisi budaya lokal itu sendiri,” terangnya.

Pengakuannya, Anim Imanudin menambahkan, penamaan awal wilayah jatisampurna ini adalah Karanggan/Kranggan dan yang menyebutkan berasal dari silsilah keluarganya sendiri. “Berdirinya kampung Kranggan atau Kecamatan Jatisampurna ini berawal dari keberadaan dari Para Juragan dan Para Utusan Raja, yang pasti silsilah keluarga kami berasal dari Kerajaan Padjajaran,” ungkapnya.

Tampak Hadir Camat Jatisampurna Abi Hurairah bersama jajarannya ikut menemani para tokoh adat dan sesepuh dalam kegiatan Sedekah Bumi masyarakat Kranggan. Usai doa bersama, Camat Abi juga ikut menyantap makan yang sudah disediakan secara lesehan. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts