Kecamatan Jatisampurna Gelar Festival Budaya Dan Babaritan Tradisi Kranggan

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Pemerintah Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi mengadakan kegiatan Festival Budaya dan Seni sekaligus acara utama Babaritan, Jum’at (20/7/2018). Babaritan merupakan tradisi rutin tahunan asli warga Kranggan atau Jatisampurna ini sudah turun temurun selama beberapa generasi dilestarikan.

Dalam festival budaya dan seni tingkat kecamatan jatisampurna, juga digelar panggung para group Gambus, Marawis dan Hadroh se- Kecamatan. Selain itu, babaritan merupakan kegiatan yang didalamnya adalah untuk Sedekah Bumi atau ungkapan Rasa Syukur kepada ALLAH swt Tuhan Yang Maha Esa.

Camat Jatisampurna, Abi Hurairah, mengatakan sangat bersyukur kegiatan festival kebudayaan ini terlaksana dengan lancar pada pembukaannya. “Saya mengapresiasikan kepada petugas pemadam kebakaran yang banyak hadir di kegiatan festival budaya ini,” ujarnya.

“Insya ALLAH dengan Babaritan atau Sedekah Bumi wilayah Jatisampurna menjadi berkah. Dan kepada kasi pemerintahan agar tindaklanjuti para staf kelurahan yang banyak tidak hadir pada acara ini,” cetusnya.

Tokoh Budaya sekaligus Tokoh Budaya Kranggan, Drs. Suta Tjamin, dalam sambutannya mengatakan pemimpin wilayah jatisampurna dirinya sebut camat Abi Hurairah adalah Olot Abi.

Suta Tjamin juga mengapresiasi kepada Camat dan Jajarannya yang telah mengadakan babaritan. “Selama tiga tahun berturut-turut, Camat Abi Hurairah selama menjabat rutin mengadakan kegiatan budaya asli masyarakat kranggan ini ditingkat kecamatan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, Ahmad Zarkasih, dalam sambutannya mengatakan dinas terkait komitmen menjaga budaya lokal khususnya yang ada di kranggan ini. “Sebab budaya babaritan seperti di kranggan ini tidak ada di kecamatan lainnya,” terangnya.

Turut hadir Wakil Ketua I DPRD Kota Bekasi H.Edi, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Ahmad Zarkasih, para Lurah bersama Jajarannya, Danramil Pondokgede bersama Kapolsek Pondokgede atau mewakili, dan Jajaran Dinas Pemadam Kebakaran sektor Jatisampurna. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts