UPTD LH Jatisampurna Rutin Sidak Malam Di Titik TPS Liar

 Berita Terkini, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Dalam menegakan peraturan serta menciptakan lingkungan yang sehat dan hijau, UPTD Lingkungan Hidup Kecamatan Jatisampurna mengerahkan personilnya untuk terjun ke wilayah guna mengantisipasi terjadinya pembuangan sampah sembarangan atau liar yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Selain menjaga lingkungan agar tetap bersih, penarikan retribusi dari masyarakat juga dirasa lebih maksimal. Buktinya, pada tahun 2017 lalu, UPTD LH Kecamatan Jatisampurna mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah dengan hasil yang sangat memuaskan.

Oknum pembuang sampah liar ketangkap basah, diketahui oknum tersebut menggunakan mobil milik kantin di sekolah labschool Jatisampurna

UPTD LH Jatisampurna melakukan sidak malam secara terjadwal di titik-titik lokasi area yang biasa dilakukan oleh oknum pembuang sampah liar. “Kita lakukan penyisiran pemantauan di lima titik lokasi berbeda diwilayah jatisampurna,” terang Kepala UPTD LH Jatisampurna, Erfan Hikmatullah, Kamis (12/7/2018) diruang kerjanya.

Sidak malam yang dilakukan UPTD LH Jatisampurna bersinergitas dengan pihak Kecamatan yaitu anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) kecamatan. “Kita meminta kepada pak Camat agar kegiatan sidak malam kita didampingi oleh anggota satpol pp, itu semua dilakukan agar dapat menangkap basah oknum pelaku pembuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Kendati demikian, Erfan mengungkapkan pihaknya masih banyak memiliki keterbatasan, diantaranya personil dan armada sebagai fasilitas pendukung yang belum mencukupi. Oleh karena itu, ia berharap mendapat tambahan armada guna memaksimalkan penarikan sampah di wilayahnya.

“Untuk menampung daya angkut sampah, dibutuhkan 30 armada yang layak pakai. Saat ini kita baru memiliki 14 truk dan 3 baktor untuk mengangkut sampah sebanyak 20 ton perharinya,” kata Erfan.

Disisi lain, Erfan juga mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan. Peran aktif masyarakat adalah kunci atas terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

Sementara cara yang dilakukan pihaknya untuk membangun kesadaran masyarakat adalah dengan sosialisasi dan pembinaan dengan melibatkan berbagai unsur, diantaranya Camat, Lurah dan stake holder lain. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts