Lurah Jatiasih: Saya Berharap Di Pemilu 2019 Partisipasi Pemilihnya Lebih Meningkat

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2018 untuk Kota Bekasi maupun Jawa Barat, pada partisipasi pemilih di kota bekasi itu sendiri mengalami peningkatan yang sangat signifikan di 12 kecamatan yang ada. Peningkatan penambahan partisipasinya dikisaran 20 hingga 40 persen dari jumlah DPT di tiap kecamatan.

Yang sangat di apresiasi adalah di RW08 TPS no.24 di Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Pasalnya, di TPS tersebut tingkat partisipasinya mencapai 91,46 persen. “Ini merupakan prestasi baik yang juga di tujukan pada ketua RT maupun RW disana dalam mensosialisasi pilkada kepada warganya,” ungkap Lurah Jatiasih, Sakum Nugraha, Jum’at (6/7/2018).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kelurahan Jatiasih pada pilkada serempak 2018 ini sebesar 20.497 jiwa dengan partisipasi pemilih 75,80 persen. Dan untuk pemilih uang mencoblos calon Gubernur Jawa Barat tak berbanding jauh sebanyak 75,81 persen.

Menurutnya, sosialisasiya dilakukan di tiap pertemuan di lingkungan warga hingga melalui group whatsapp RT maupun RW untuk selalu disampaikan ke tiap warganya, sehingga antusiasme warga kelurahan jatiasih juga terbangun. “Intinya jangan sampai golput untuk Pemilihan Kepala Daerah Kota Bekasi hingga Jawa Barat,” terangnya.

“Indikatornya kemungkinan ada pada DPT awal karna juga menggunakan e-KTP, momen masuknya sekolah maupun daftar sekolah, dan termasuknya sosialisasi di semua lini stakholder yang di kelurahan jatiasih,” tambah Sakum.

Lanjutnya, masih kata Sakum, tingkat partisipasi juga berpengaruh pada angka DPT, kan pemilu sebelumnya tidak menggunakan basis KTP masih merujuk pada data KPU yang jauh pemilu sebelumnya, oleh sebab itu banyak data warga yang ternyata sudah pindah rumah tapi masih di undang untuk mencoblos. “Tapi pendataan saat ini sudah melalui proses yang teliti sehingga mengurangi data warga yang valid,” ujarnya.

Himbauan lurah jatiasih berharap pada Pileg dan Pilpres tahun 2019 besok tingkat partisipasi masyarakatnya meningkat minimal hingga 90 persen. “Terlebih lagi nanti di 2019 adalah juga menentukan calon pemimpin negara ini yaitu pada Pemilihan Presiden atau Pilpres,” terangnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts