Memasuki Bulan Keenam UPTB Pendapatan Jatisampurna Genjot PAD Sektor PBB

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

Opsir PBB dihari libur wilayah perumahan di jatisampurna dengan didampingi langsung kepala UPTB Pendapatan, Agustinus Prakoso

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Gencarnya pihak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bekasi, menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), membuat 12 UPTB Pendapatan di 12 Kecamatan melakukan opsir secara mobile.

Seperti yang dilakukan pihak UPTB Pendapatan Kecamatan Jatisampurna, sedang menggenjot PAD PBB diwilayahnya yang secara persentase belum mencapai 50 persen. Walaupun begitu, UPTB Pendapatan Jatisampurna optimis pencapaian PAD PBB tersebut akan tercapai sesuai targetnya di tahun 2018 ini.

Target PAD pada sektor PBB tahun 2018 di Kecamatan Jatisampurna sebesar Rp 17,8 miliar dari 2.329 SPPT. Dan pendapatan yang didapat hingga bulan Mei-Juni 2018 ini baru mencapai kurang lebih 26 persen atau Rp 4,6 miliar.

Korlap PBB di UPTB Pendapatan Jatisampurna, Sayuti Anwar, mengatakan untuk mencapai target PAD PBB nya dilakukan opsir secara mobile di semua kelurahan se jatisampurna. “Tak menjadi beban, hanya ada sedikit kendala terkait banyaknya pemilik bidang tanah yang sudah menjualnya akan tetapi belum melaporkan perubahan nama di SPPT nya,” katanya, Selasa (5/6/2018) kemarin.

Menurut Sayuti, dari lima kelurahan se jatisampurna, Kelurahan Jatikarya lebih di oprimalkan dalam opsir PBB nya. “Diwilayaj jatikarya sebagian besarnya perumahan-perumahan mewah, agak sulit menagih PBB kalau di waktu jam kerja, tapi khusus di kelurahan ini kita lakukan dihari libur Sabtu dan Minggu,” terangnya.

Selain itu, masih kata Sayuti, pihak Kelurahan bersama UPTB Pendapatan Jatisampurna melakukan jemput bola kesemua Wajib Pajak (WP).

“Kita optimis, karna tiap hari ada pemasukan PAD PBB karna dibarengi melakukan jemput bola penagihan ke WP. Karna jika SPPT sudah terbit, kita langsung sampaikan ke semua kelurahan dan segera untuk menindaklanjuti ke WP-WP nya,” tambah Sayuti.

Diketahui, pencapaian pendapatan PBB sementara pada bulan Mei-Juni 2018 ini dari 56 kelurahan se kota bekasi, untuk lima kelurahan di kecamatan jatisampurna, urutannya yakni, Kelurahan Jatisampurna urutan ke 26 atau pencapaian 46 persen, Jatiranggon urutan 30 atau 43 persen, Jatiraden 45 atau 40 persen, Jatirangga 50 atau 39 persen, dan Jatikarya urutan 55 atau 33 persen. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts