PT PSBI Lanjutkan Tahap Keempat Pembayaran Lahan Untuk Proyek Kereta Cepat

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA BEKASI (zonapantau.com) – Sebanyak 22 pemilik bidang tanah atau lahan kembali mendapatkan pembayaran langsung oleh PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) untuk proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta – Bandung, di ruang rapat lantai 2 Kantor BPN Kota Bekasi, Selasa (15/5/2018).

Untuk ke empat kalinya lanjutan progres pembayaran pembebasan lahan untuk proyek kereta cepat ini, untuk di dua kelurahan diantaranya Kelurahan Jatibening dan Kelurahan Jakasetia.

Dari 22 bidang tanah tersebut dengan total seluas 2.823 meter persegi. Sedangkan nilai pembayaran untuk ganti rugi ini mencapai Rp 52 miliar.

Kata Lugas Trias Pamungkas, selaku PT PSBI saat ditanya, menjelaskan sampai saat ini jumlah lahan di Kota Bekasi yang sudah dibebaskan sebanyak 88 bidang tanah. “Sedangkan target keseluruhan jumlah bidang tanah yang akan digunakan untuk proyek kereta api cepat sebanyak 350 bidang,” ujarnya.

Masih kata Lugas, ada dua bidang tanah yang memiliki kepemilikan ganda di Jakasetia. “Selain itu juga terdapat enam bidang tanah di Kelurahan Jatibening Baru yang ingin dibayarkan ternyata tanah tersebut merupakan lahan milik negara, yakni milik Jasa Marga dan lahan pengairan, sedangkan lahan milik pengairan terdapat di wilayah Kelurahan Margajaya dan Sepanjangjaya,” terangnya.

“Akhir bulan Mei ini sudah harus selesai pembebasannya, nanti bidang tanah yang masih bermasalah akan kita titipkan uang pembayaran ganti-rugi di pengadilan melalui jalur konsinyasi. Sebab proyek kereta cepat tetap harus berjalan sesuai program pemerintah,” tambahnya. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts