Pesan Walikota Untuk Para Ormas di Kota Bekasi

 Advetorial, Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

KOTA BEKASI, zonapantau.com – KOTA Bekasi, merupakan Kota Heterogen yang dahulunya telah dipersiapkan untuk pengembangan infrastruktur penunjang Ibu Kota Jakarta. Lahan yang datar dinilai cocok untuk gedung, sarana transportasi dan pusat bisnis.

Pembangunan dan penataan serta program pemerintah Kota yang bermanfaat tentunya sangat bergantung pada partisipasi masyarakat juga.

Hal itu pernah disampaikan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi saat memaparkan Program Pembangunan Partisipatif Berbasis Komunitas (P3BK), yang merupakan contoh salah satu kelompok masyarakat yang membantu tugas pemerintah dalam pembangunan.

Menurut dia, partispasi masyarakat dalam pembangunan tidak dapat dipandang sebelah mata, karenanya dengan adanya dukungan dan masukan dari masyarakat dapat menambah motivasi dan mempermudah kerja pemerintah daerah.

Peranan Masyarakat Kota Bekasi dalam membantu Pemerintah Kota, nampaknya sudah terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih dikota Bekasi serta adanya program Pro Rakyat Seperti Kesehatan Gratis dan pembangunan infrastruktur yang merata.

Namun program pemerintah kota yang sudah tertata rapi bisa saja tercoreng dikarenakan ulah suatu Oknum Organisasi Masyarakat (Ormas) yang hanya mementingkan kepentingannya sendiri.

Lanjut, maka dari itu, pasca bentrokan Ormas yang terjadi di Kota Bekasi pada tanggal 25 Januari 2018 membuat Kota Bekasi menjadi buah bibir dikalangan  masyarakat luas, dampaknya bisa saja Kota Bekasi terhambat menuju kota metropolitan yang mementingkan program Pro Rakyat.

Padahal Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan Daerahnya.

Adanya kejadian tersebut, Walikota Bekasi, Rahmat Effendi yang juga sering disapa (Bang Pepen) ini sedikit berpesan melalui wawancara zonapantau.com, Minggu, (28/01/18) dikediamannya yang beralamat Jl. Raya Pekayon Indah, Blok DD No. 37 – 39 Pekayon Jaya – Bekasi Selatan.

“Harusnya Ormas yang ada Dikota Bekasi Bersatu padu dan saling melengkapi satu sama lain untuk memajukan Kota Bekasi agar menjadi Kota Pilot Project bagi kota/kabupaten lainnya yang ada di indonesia,” Katanya.

Ia juga meminta kepada seluruh Ormas yang ada untuk menjaga dan menciptakan iklim yang kondusif, rasa aman serta tidak terpropokatif oleh kepentingan kelompok/golongan. “Setiap Ormas yang ada harus dapat Membangun Kedamaian, Rajut Kebersamaan, dan Menjaga Persatuan Kesatuan,” harapnya.

“Warga Bekasi datang dari berbagai macam latar belakang, serta Multietnis yang berkumpul di kota ini. Supaya tercipta situasi damai, kuncinya hanya satu toleransi agar bisa bersama-sama memajukan Kota di bumi Patriot ini,” pungkasnya. (Dhigan)

 

Narasumber : Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts