Muspika Cuek, Polusi Udara Pabrik Palet Ancam Kesehatan Warga Cileungsi

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

Terlihat asap pabrik palet kayu yang tertiup angin ke perkampungan warga Desa Cileungsi Kidul

ZONA BOGOR (Cileungsi) – PT Karunia Sumber Jaya, yang berada di Jalan BPM-Cikuda no 50, Desa Cileungsi Kota, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, sangat dikeluhkan warga. Pasalnya, asap pembakaran dari perusahaan palet tersebut menyerbu pemukiman warga di Kampung Lebakkongsi, RT 01/07, Desa Cileungsikidul, yang berdekatan dengan perusahaan tersebut.

Salah seorang warga, Junaedi mengatakan, asap pekat yang dihasilkan dari pembakaran perusahaan tersebut menyerbu warga sekitar hingga ada yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Keponakan saya saja yang masih balita terkena ISPA sekarang ini gara-gara asap pabrik itu,” katanya kepada wartawan (20/12/2017)

Ia menjelaskan, apalagi saat asap tersebut sedang tebal, para orang tua pun melarang anaknya untuk bermain diluar rumah. Bahkan, lantai rumah pun sampai hitam dipenuhi debu dari asap tersebut.

“Lantai rumah aja sampai berwarna hitam dari debu asap itu, jadi sangat berbahaya bagi kesehatan warga,” jelasnya.

Senada di katakan Edi, seorang pengguna jalan, dirinya harus menutup hidung dan menahan nafas lantaran asap yang di keluarkan pabrik tersebut sangat mengganggu pernafasan.

“Sudah pasti sangat mengganggu ya, saya yang naik motor saja masih harus nahan nafas kalau lewat sini, apalagi masyarakat yang tinggal di sekitar pabrik coba, sudah pasti sangat terganggu,” ujarnya.

Diketahui, dilokasi pabrik palet kayu terlihat melakukan pembakaran limbah kayunya pada siang dan sore tiap harinya. (Yudhi)

Laporan: Ded

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts