banner 468x60

Dian: RS Penanganan Penderita Kanker di Kota Bekasi Masih Minim

 Berita Terkini, Kesehatan, Pemerintahan
banner 468x60

ZONAPANTAU.COM (Kota Bekasi) – BANYAKNYA rumah sakit di Kota Bekasi, tetapi diketahui hanya ada satu rumah sakit yang bisa menangani penyakit kanker. Padahal penyakit kanker ialah salah satu penyakit yang masuk nominasi angka kematian paling tinggi.

Maka dari itu, sekian banyaknya rumah sakit di Kota Bekasi ini hanya satu yang bisa menangani penyakit kanker, dan dari segi fasilitas layanan kesehatan untuk penderita kanker pun belum ada.

Menurut Ketua umum Kejar Health Center Indonesia (KHCI), Dian Rafela bahwa data sementara jumlah penderita penyakit tumor dan kanker payudara di Kota Bekasi cukup banyak. Namun, sayangnya belum satu pun fasilitas kesehatan (faskes) yang memiliki layanan paliatif untuk penderita kanker.

“Sepengetahuan saya hanya satu rumah sakit swasta yang bisa menangani penderitaan kanker, dan di Kota Bekasi ini masih kurang perhatiannya bagi penderita kanker,” ungkapnya saat disela – sela seminar WorkShop dan Talkshow Nasional, Sabtu (18/11/17).

Pemerintah setempat saat ini, kata dia hanya konsen ke penyakit paru – paru. “Penyakit kanker menjadi salah satu pembunuh terbanyak kaum perempuan, salah satunya kanker leher rahim (serviks) suatu gejala yang sulit ditemukan,’’ paparnya.

Lanjut, Dian berharap keberadaan poli maupun kelompok paliatif bisa segera terwujud di rumah sakit. Dengan begitu, pasien kanker bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dan hidup lebih baik.

’’Hal itu menjadi kebijakan Pemerintah Kota Bekasi dan internal rumah sakit, untuk bisa segera terealisasi di 2018 kedepan,’’ pungkasnya. (Dhigan)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts