banner 468x60

Khasiat Daun Pisang Untuk Kecantikan dan Kesehatan

 Berita Terkini, Kesehatan, Serba-Serbi
banner 468x60

ZONAPANTAU.COM (Kesehatan) – PISANG adalah pohon serbaguna, memiliki banyak manfaat, itulah kata yang tepat untuk pohon pisang ini, selain mudah ditemukan dimana-mana, pohon pisang juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk manusia seperti halnya pohon kelapa, mulai dari batang, daun, buah, hingga jantung pisang bermanfaat untuk manusia, apakah kalian tau masakan jantung pisang? Ya itulah salah satu manfaat jantung pisang yaitu dibuat masakan yang lezat, pernah nyoba?

Dalam postingan Manfaat Sesuatu Daun kali ini kami akan berbagi ilmu yang kita punya sedikit tentang manfaat daun pisang baik dalam hal kesehatan, kecantikan, dan juga termasuk manfaat daun pisang untuk kehidupan sehari-hari, berikut langsung saja simak dibawah ini. Kami akan sajikan manfaat daun pisang secara lengkap, pertama kita akan sajikanmanfaat daun pisang untuk kecantikankulit terlebih dahulu.

Manfaat Daun Pisang Untuk Kecantikan Kulit

1. Sebagai Perawat Kulit Alami

Daun pisang mengandung allantolin yang memiliki banyak khasiat untuk kulit manusia, kandungan ini bisa merangsang untuk tumbuhnya sel kulit yang baru yang menggantikan sel-sel yang telah mati atau rusak sehingga kulit akan nampak lebih cerah dengan adanya sel baru, selain itu allantolin merupakan suatu bahan yang efektif untuk membunuh kuman di kulit sehingga baik untuk mengatasi iritasi atau luka ringan di kulit.

2. Sebagai Obat Gigitan Serangga

Jika anda mendapatkan luka akibat gigitan serangga semacam nyamuk, semut, lebah, atau pun kalajengking, maka pertolongan pertama yang harus diberikan untuk mencegah tidak terjadinya infeksi yaitu dengan menggunakan daun pisang, bagaimana cara menyembuhkan luka gigitan serangga dengan daun pisang agar kulit kembali kinclong?.

Pertama tutupi luka bekas gigitan serangga dengan ramuan daun pisang, cara membuat ramuannya yaitu bersihkan terlebih dahulu daun pisangnya, lalu masukkan ke dalam blender ataupun manual ditumbuk menggunakan alat tumbuk tradisional dan beri sedikit air.

Setelah membuat ramuan daun pisang oleskan ramuan tersebut, tunggu beberapa saat hingga kering. Cara ini dapat menetralisir racun serangga karena dalam daun pisang ini terkandung antioksidan yang cukup tinggi.

3. Sebagai Obat Radang dan Gatal

Jika anda mengalami radang dan gatal-gatal pada kulit bisa diatasi dengan menggunakan daun pisang, caranya sangat mudah yaitu cukup dengan haluskan daun pisang lalu tempelkan di area kulit yang mengalami radang atau gatal-gatal, lalu diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan tips sederhana ini 2 atau 3 kali dalam sehari agar radang atau gatal-gatal cepat mengering, cara ini juga cocok di terapkan pada orang yang memiliki kulit yang sensitif.

4. Sebagai Obat Luka bakar

Jika anda mengalami luka bakar atau kulit kemerahan akibat paparan sinar matahari yang sangat panas hingga timbul rasa perih masker daun pisang adalah solusinya, cara mudah membuatnya yaitu, pertama bersihkan terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam blender atau haluskan secara manual dengan tangan, beri sedikit air, lalu oleskan masker yang telah kita buat ke kulit yang terbakar atau kemerahan tadi, biarkan sampai mengering setelah selesai segera bilas dengan air dingin, lakukan 2 sampai 3 kali sehari agar luka bakar cepat mengering.

Setelah anda mengetahui manfaat daun pisang untuk kecantikan, mulai saat ini anda bisa menggunakan daun ini untuk berbagai macam keperluan kecantikan seperti perawatan kulit alami, dan lain sebagainya. Setelah menjelaskan manfaat daun pisang untuk kecantikan kulit saatnya kita membahas manfaat daun pisang untuk kesehatan ataupun kehidupan sehari-hari, langsung saja simak dibawah ini.

Manfaat Daun Pisang Untuk Kesehatan

1. Sebagai Obat Demam Tradisional

Jika anda mengalami demam atau anak anda mengalami demam, sudah diberi obat dokter tetapi demam tidak juga kunjung menurun, daun pisang InshaAllah bisa mengobati demam anda, caranya cukup mudah yaitu pilih daun pisang yang masih muda dan olesi daun tersebut dengan minyak kelapa, kemudian tempelkan pada dahi, perut, ataupun pinggan ke penderita demam.

2. Sebagai Obat Ketombe

Ternyata daun pisang bukan hanya dapat menyembuhkan demam, mengobati luka bakar, ataupun obat gigitan serangga tetapi daun pisang juga bisa menghilangkan ketombe di rambut, caranya cukup mudah yaitu anda hanya perlu membuat jus sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam penyembuhan gangguan kulit semacam ketombe maupun kulit kepala yang gatal.

Kita telah membahas manfaat daun pisang untuk kecantikankulit dan manfaat daun pisang untuk kesehatan, selanjutnya akan kami paparkanmanfaat daun pisang dalam kehidupansehari-hari.

Manfaat Daun Pisang di Kehidupan Sehari-hari

1. Pembungkus Makanan Favorit

Banyak kita temukan daun pisang sebagai pembungkus makanan, khusunya makanan tradisional karena daun pisang yang teksturnya memang sangat cocok untuk pembungkus makanan dan daun pisang memiliki kandungan polifenol dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma yang khas, oleh karena itu daun pisang banyak digunakan untuk pembungkus makanan

Misalnya saja lontong, jajanan pasar naga sari, bandeng presto, botokan, tumpeng, tempe, dan masih banyak lagi manfaat daun pisang untuk bungkus makanan,, jika kalian tau lebih banyak makanan yang dibungkus dengan daun pisang ayo berkomentar..

2. Hiasan Upacara Adat yang Indah

Daun pisang sebagai hiasan upacara adat mungkin sudah sering kita lihat, lihat secara langsung maupun di TV, sebuah riset mengatakan bahwa daun pisang telah digunakan untuk upacara adat agama Hindu dan Budha pada beberapa abad yang lalu, amazing bukan 😀

Biasanya daun pisang digunakan untuk wadah sesaji, hal ini juga masih bisa kita lihat di Bali yang masyarakatnya beragama Hindu, dan terkadang juga daun pisang digunakan untuk penutup makanan ataupun sesajian.

Sebagai Media Budidaya Jamur

Manfaat daunpisang yang lainnya adalah daun pisang digunakan untuk budidaya jamur merang yang sangat baik, karena daun pisang banyak mengandung protein, hemiselulosa, dan lignin.

Selain itu daun pisang juga bisa untuk payung saat hujan, biasa sering digunakan saat masih kecil :D, dan sebagai mainan anak-anak..

Kami sudah paparkan mengenai manfaat daun pisang untuk kecantikan, kesehatan, dan kehidupan sehari-hari menarik bukan manfaatnya daun pisang? Sepatutnya kita memanfaatkan dengan baik daun pisang ini karena pohon pisang mudah ditemukan di negara tercinta Indonesia. (Red)

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts