NCW Desak Pemerintah Untuk Pisahkan Dua Ditjen Di Kementerian

 Berita Terkini, Nasional, Pemerintahan
banner 468x60

ZONA NASIONAL (Jakarta) – Direktur Nasional Koruption Watch (NCW) Syaiful Nazar mendesak kepada pemerintah untuk memisahkan dua Ditjen dari Kementerian. Kedua Dirjen tersebut yakni Ditjen Imigrasi dan Ditjen Bea Cukai.

Dia beralasan, karena dua Ditjen tersebut merupakan garda terdepan dalam memegang kebijakan strategis menjaga keutuhan kedaulatan negara. “Kedua lembaga itu sangat vital, yakni Bea Cukai memiliki peran penting dalam mengamankan fisik, kalau Imigrasi berperan untuk mengamankan orangnya,” ujar Syaiful, Senin, (6/11/2017).

Untuk itu, dia mengusulkan kedua Dirjen tersebut harus harus berbentuk badan dan bertanggung jawab langsung kepad Presiden.

“Bea Cukai memiliki peran penting masuknya barang dari luar, banyaknya barang ilegal yang merusak perekonomian nasional, tentunya Bea Cukai sangat bertanggung jawab. Kemudian, ketika menyangkut manusia, terkait teroris dan pekerja ilegal dari asing yang memasuki wilayah NKRI, tentu Imigrasi yang bertanggung jawab,” tegas Syaiful, via seluler kepada zonapantau.com

Saat ini, kata dia dua Ditjen tersebut dibawah Kementerian, sehingga kalau ada persoalan harus berjalan sesuai dengan prosedur. Namun, disisi lain banyak kepantingan pada level tertentu, sehingga akan sulit dikontrol.

“Terlebih, bila Menterinya dipegang oleh partai politik, ini sangat berbahaya. Ketika ada persoalan yang menyangkut hukum di kedua Ditjen tersebut, tentu yang akan muncul lobi politik di tingkat elit. Seperti kasus pekerja asing yang selama ini ramai dibicarakan, penyelesaiannya pun tidak jelas, harusnya Dirjen Imigrasi bertanggung jawab,” tandas Syaiful.

Selain itu, lanjut Syaiful, masuknya barang haram berupa Sabu dari sejumlah negara hingga berton-ton, seharusnya hal itu tidak terjadi kalau Imigrasi memiliki proteksi yang ketat, dan integritas pegawai di Ditjen tersebut bagus. “Tapi, kenyataanya bobol juga, hal tersebut berdasarkan oprasi dan temuan dari BNN. Itu terjadi karena peran keberadaan Bea Cukai saat ini kurang maksimal,” tutur dia.

Untuk itu NCW mendesak kepada DPR dan Pemerintah segera memisahkan kedua Ditjen tersebut guna tidak terjadi kerusakan moral bangsa yang meluas. “Jadi, kalau mereka tidak optimal dalam bekerja, Presiden tinggal panggil dan meminta pertanggung jawabannya,” pungkas Syaiful. (Yudhi)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts