banner 468x60

KPA Cempala Helat Diskusi Santai Penyuluhan Sampah

 Berita Terkini, Kesehatan, Nasional
banner 468x60

ZONA BEKASI, zonapantau.com – SATU kepedulian terhadap lingkungan alam menjadi misi dan visi yang selalu digadang Komunitas Pecinta Alam (KPA) Cempala yang bermarkas di wilayah Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Bukan hanya mendaki gunung, komunitas yang mayoritas beranggotakan kalangan remaja dan pemuda ini ternyata juga peduli dengan kebersihan lingkungan.

Dengan memanfaatkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, KPA Cempala menggelar diskusi santai atau workshop tentang penyuluhan sampah. Kegiatan ini juga menjadi rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi KPA Cempala yang ke-3 tahun.

Melalui kegiatan ini, KPA Cempala sengaja mengundang beberapa narasumber seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi, Camat Jatiasih Nesan Sujana, penggiat lingkungan Didi Diah N, dan penggiat Jakarta Osoji Club, Heri Retno Indrijani. Bahkan diskusi ini juga menarik perhatian Wakil Ketua Fraksi PAN di DPRD Kota Bekasi, Syaiful Bahri.

Saat menyampaikan pemaparannya, Jumhana Luthfi menilai kegiatan ini sebagai wujud semangat kalangan masyarakat untuk membantu program oemerintah daerah Kota Bekasi dalam rangka menangani permasalahan sampah. “Permasalahan sampah ini erat kaitannya dengan perilaku masyarakat, jika masyarakat belum memiliki kesadaran untuk mengolah sampah maka pernasalahan sampah ini tidak akan tuntas,” tegasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, kata Luthfi, kemudian menggulirkan program bank sampah sebagai solusi penangan masalah sampah dengan dukungan peran serta masyarakat. “Bank sampah ini merupakan klinik perubahan pola pikir masyarakat, agar ikut mengelola sampah dengan sistem pemilahan sehingga sampah menghasilkan nilai ekonomis dan memberikan keuntungan bagi masyarakat,” ulas dia.

Luthfi kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut bertanggungjawab dalam menangani masalah sampah. “Minimal dengan pemilahan sampah organik dan non organik di rumah masing-masing, dan saya yakin upaya ini mampu merubah perilaku masyarakat untuk selalu mencintai pola hidup sehat dan bersih,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPA Cempala April Naldhy menjelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang terprogram untuk merayakan HUT KPA Cempala tahun ini. “Ada beberapa kegiatan lain, seperti kegiatan camping ceria yang pesertanya berasal dari kalangan anak-anak uaia antara 6 sampai 12 tahun,” paparnya saat didampingi ketua panitia pelaksana Anisa Safitri.

Naldhy berharap seluruh kegiatan ini bisa memotivasi dan mengajak seluruh remaja atau pemuda agar lebih memiliki tanggungjawab untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. “Mari kita bersama untuk mewarisi lingkungan hidup yang sehat dan bersih bagi para generasi penerus di masa mendatang,” katanya. (Dhi)

 

Laporan : Mul.

banner 468x60

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts