Penilaian Lomba Karang Taruna Berprestasi Kota Bekasi Masuk Tahap Tiga Besar

 Berita Terkini
banner 468x60

ZONA BEKASI, zonapantau.com – DALAM rangka mengisi momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Karang Taruna Kota Bekasi mengadakan Lomba Karang Taruna Berprestasi Tahun 2017. Penilaian lomba ini sudah memasuki tahap pemilihan tiga besar terbaik.

Lima perwakilan tingkat kecamatan yang masih melenggang dalam even lomba ini, yakni perwakilan Karang Taruna Kecamatan Mustikajaya, Bantargebang, Jatisampurna, Medansatria, dan Bekasi Utara. Masing-masing perwakilan menampilkan hasil kerja mereka dalam persaingan yang semakin ketat untuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan ini.

Ketua tim juri yang juga Ketua Karang Taruna Kota Bekasi, Ismail Hasyim, menjelaskan semua perwakilan peserta akan dikunjungi dan dinilai untuk menentukan tiga peserta terbaik. “Kita akan melihat fakta di lapangan dan nanti akan dipilih tiga juara yang akan mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Bekasi pada peringatan Hari Sumpah Pemuda nanti,” ulas dia saat mrlakukan penilaian terhadap Karang Taruna Kelurahan Padurenan yang mewakili Kecamatan Mustikajaya.

Ismail menyampaikan penghargaannya terhadap antusiasme peserta yang ikut Lomba Karang Taruna Berprestasi Kota Bekasi tahun ini. “Ada penambahan peserta tahun ini, jika tahun lalu ada 8 peserta perwakilan kecamatan, maka tahun ini seluruh Karang Taruna tingkat kecamatan mengirim perwakilannya, jadi jumlah peserta tahun ini ada 12 peserta,” paparnya.

Ismail lalu menyebutkan tiga kriteria pokok penilaian plus satu penilaian tambahan dalam Lomba Karang Taruna Berprestasi ini. “Yang kita nilai bidang administrasi keorganisasian, lalu bidang usaha ekonomi produktif, dan yang ketiga bidang sosial yang sesuai tugas dan fungsi organisasi Karang Taruna yang menjadi mitra pemerintah dalam membantu program kerja penerintah, lalu ada penilaian tambahan yakni bidang penguasaan teknologi informasi,” ujarnya.

Ismail menambahkan peserta yang terpilih sebagai Karang Taruna Terbaik nanti akan mengikuti ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Barat yang mewakili Kota Bekasi. “Nanti ada penilaian tingkat provinsi yang akan dilakukan pada akhir Oktober sesuai surat edaran yang kami terima dari Pemprov Jawa Barat,” imbuhnya.

Terkait tujuan lomba ini, Ismail brrharap adanya perubahan pemikiran kalangan pemuda terhadap organisasi Karang Taruna yang bergerak dalam bidang sosial kepemudaan. “Karang Taruna bukanlah LSM bukan Otmas karena pengurus Karang Taruna mendapat SK dari kepala daerah, yang berperan membantu penanganan persoalan sosial kemasyarakatan,” paparnya.

Sementara itu, dalam mengikuti penilaian, Karang Taruna Padurenan mengedepankan usaha bengkel atau workshop di RW 10 Kelurahan Padurenan yang dikelola oleh para pengurus Karang Taruna. “Seluruh karyawan disini merupakan pengurus dan kader Karang Taruna,” jelas Ketua Karang Taruna Padurenan Udin Syamsudin alias Udin Gareng.

Dengan eksistensi ini, Udin menyampaikan harapannya bakal meraih prestasi dalam lomba ini. “Kita tetap berharap menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (Dhi)

 

Laporan : Mul.

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts