Kejar Rekor MURI 5000 Duta Olahraga Kembali Tempuh Etape 7

 Berita Terkini, Nasional
banner 468x60

ZONA NASIONAL – SAAT ini Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN)  2017 yang terdiri dari 16 atlit pesepeda yang berasal dari beberapa wilayah di nusantara kembali melanjutkan touringnya  setelah dua minggu lebih beristirahat sesudah menyelesaikan rute Pulau Andalas sejauh 4.000 kilometer.

Kini para duta olahraga ini mulai beraksi kembali dan semakin bersemangat melanjutkan touringnya dua etape lagi, guna mencetak rekor MURI 5000 Km sebagai Touring Berkelompok Terpanjang. Setelah sebelumnya sudah menyelesaikan 6 (enam)  Etape dari Sabang Km 0 – Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 4.000 Km.

Perjalanan hari pertama di Etape 7 dimulai dari Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta dilepas oleh Sekertaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Dewabrata menuju Kota Bekasi, Jumat (25/8/2017).

“Selamat jalan dan tetap semangat menempuh perjalanan sampai di finish Kota Magelang,  sapalah masyarakat karena ini bagian dari misi kita mempererat tali persatuan bangsa di setiap daerah yang dilintasi Tim GTPN yang memiliki latar belakang budaya, suku,  adat dan agama yang berbeda,” ucap Sesmenpora saat melepas rombongan dan Tim GTPN 2017 menuju Kota Bekasi.

Sesampainya di perbatasan Kota antara Jakarta dengan Kota Bekasi,  Tim GTPN disambut Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu di dekat Monumen Elang Salak di Harapan Indah.

Puluhan pegowes dari komunitas pecinta sepeda dan anak sekolah dasar menyambut atlit sepeda dan rombongan GTPN 2017 menuju Stadion Patriot Kota Bekasi.

” Pemerintah Kota Bekasi bersama komunitas gowes Kota Bekasi sangat antusias menyambut kedatangan Tim GTPN 2017, sebagai duta kampanye olahraga yang dapat memotivasi masyarakat Kota Bekasi hidup sehat, bugar dan bergembira melalui gowes sepeda, ”  ungkap Wakil Walikota Bekasi yang berjanji akan membangkitkan kembali kewajiban bagi para Aparatur

Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan program One

Day, No Car dan mengajak masyarakat untuk bersepeda sebagai implematasi gerakan #Ayoolahraga.

Selanjutnya Tim GTPN  2017 disambut para ibu – ibu yang mengajak para goweser ikut bersenam maumere dan disuguhkan atraksi pesepeda BMX yang bermanuver memperagakan kelincahannya beraksi.

Tim dan rombongan lalu dilepas Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu yang akan menuju perbatasan Kota /Kabupaten Bekasi untuk melanjutkan perjalanannya ke Kota Purwakarta sejauh 111,77 Km.

Sesampainya di perbatasan Kota/Kabupaten Bekasi Tim GTPN 2017 disambut Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, di Bulakkapal. Neneng berharap dengan adanya touring gowes terpanjang yang melintasi ribuan kilometer ini,  menjadi penyemangat para pegowes sepeda di Kabupaten Bekasi untuk lebih mencintai olahraga sepeda, dengan bergowes ria menyusuri keindahan alam dan aneka budaya.

Di Kabupaten Kerawang Tim GTPN 2017 pun disambut Wakil Bupati Kerawang,  Ahmad Zamaksari,  di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kerawang.

“Mudah mudahan Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ini bukan sekedar menghitung jarak tempuh tetapi ingin memastikan kalau banyak keindahan alam yang bisa dibanggakan dan mendorong masyarakat Kabupaten Kerawang untuk mencintai olahraga sepeda yang tidak mengakibatkan polusi udara, ” ungkap Wabup.  Kerawang sekaligus melepas Tim Gowes melanjutkan perjalanannya menuju Purwakarta.

Sambutan masyarakat dan pengawalan dari Kepolisian dan Dinas Perhubungan di Kota dan Kabupaten yang dilintasi Tim GTPN semakin membuat para pejuang olahraga ini tambah bersemangat.

‌Tim GTPN akan melanjutkan perjalanan Etape 7 – 8  dari  Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah melewati kota dan wilayah :

Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bandung, Garut, Pamengpeuk, Batu Karas, Pangandaran, Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo, Yogyakarta, Wonosari, Surakarta, Boyolali, Salatiga, Ungaran, Semarang, Bandungan, Ambarawa, Kopeng dan Magelang.

Pada tanggal 9 September 2017, Di Magelang, kami akan menghadiri acara puncak peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas), yang insyaallah dihadiri  Presiden RI Joko Widodo.

Team Gowes Touring Pesona Nusantara ( GTPN) ini sudah menjelajah ribuan km sejak 13 Mei 2017 yang dimulai dari Sabang KM 0 dan terbagi menjadi beberapa Etape perjalanan yang nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Etape 1 – mereka sudah menempuh 1157 km dari Sabang KM 0 sampai Balige TOBASA

Etape 2 – melanjutkan perjalanan dari BALIGE menuju kota Padang dengan jarak tempuh 727 km

Etape 3 – Dari Kota Padang menuju Bengkulu dengan jarak tempuh 625 km

Etape 4 – Dari Kota Bengkulu menuju Palembang dengan jarak tempuh 604 km

Etape 5 – Dari kota Palembang menuju Rangkas Bitung dengan jarak tempuh 632 km

Etape 6 – Dari Rangkasbitung Lebak menuju Jakarta dengan jarak tempuh 240 km.

Secara keseluruhan Team GTPN telah menempuh jarak 4117 km sampai Kabupaten Purwakarta pada ETAPE 7 ini. Sekarang mereka telah memasuki wilayah Purwakarta dengan menambah sekitar 36 km sampai perbatasan Bandung Barat dengan demikian secara total menjadi 4153 Km.

Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017  merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). Dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017 di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar.

Misi yang diemban mereka dalam ajang ini adalah mengkampanyekan olah raga rekreasi sepeda dan juga akan membawa air dan tanah nusantara dari wilayah yang dilewati tim selama touring dibawa dan disatukan  di Kota Magelang Jawa Tengah dalam suatu bentuk tugu atau monumen di Gunung Tidar.

Team GTPN ini berasal dari berbagai wilayah nusantara – Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlet muda kita, eks atlet dan dari komunitas sepeda. Dari awal Team ini di dampingi oleh perwakilan Kemenpora yang sudah luar biasa mengikuti dan mensupport para duta olah raga kita ini dalam menjalankan misi nya.

Para Riders atau pejuang dan duta Olah Raga  kami perkenalkan satu persatu :
1. Fanny Gunawan Sebagai Atlet Coach – Semarang
2. Marta Mufreni sebagai Road Captain ( RC ) – Tangerang
3. Kamaruzaman – Pontianak, Kalbar
4. Anisa Rizky Amalia – Jakarta
5. Mitya Fitrina – Bandung, Jabar
6. Kurnia Dian Anggraeni – Pasuruan – Jatim
7. Nina Puspawardhani – Solo, Jateng
8. Yuni Indah Lestari – TNI AD, Cimahi
9. Gita Widya Yunika – Sidoarjo, Jatim
10. Siti Mahmudah – Kediri, Jatim
11. Agus Widodo, Kediri, Jatim
12. Dede Supriatna – Bandung, Jabar
13. Yeppi Kurniawan – Palembang, Sumatera Selatan
14. Fito Bakdo Prilanji – Pontianak, Kalbar
15. Woro Wiganti sebagai Manager Atlet – Jakarta

16. Budi Yakin sebagai Ketua Team Riders – Bekasi.

 

Laporan : Redaksi.

 

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts