Warga Cigombong Kritisi Kualitas Raskin Buruk

 Berita Terkini
banner 468x60

ZONA BOGOR (Cigombong) – Warga Desa Pasir Jaya penerima bantuan beras miskin (Raskin) kecewa dengan buruknya kualitas beras yang diturunkan oleh Bulog. Warga menilai Buloq terlalu menyepelekan kualitas beras yang selama bertahun – tahun itu dibutuhkan oleh warga tidak mampu.

“Mentang – mentang untuk warga miskin, tiap pengiriman kualitas raskin yang diberi oleh bulog ke desa kami kualitasnya selalu buruk. Harusnya orang – orang bulog rasain makan beras ini biar tau apa yang kami rasakan,” imbuh Supriyadi, warga kampung Pasir Menjul Rt 2 Rw 2, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong.

Sebelum dimasak, lanjut Supriyadi, keluarganya terpaksa harus menyuci beras itu berkali kali dan merendamnya dengan daun pandan, agar mau menyengat yang dikeluarkan raskin itu hilang. Selain bau, kondisi beras itu sebagian besar hancur seperti pasir dan banyak mengandung kotoran.

Buruknya kualitas raskin diakui juga oleh Nana staf pemerintahan desa setempat. Menurutnya, pihak desa kerap mendapat kritikan dari para penerima raskin. Bahkan pihaknya sudah berulangkali mengadukan hal itu kepada Bulog agar memperbaiki kualitas beras pada pengiriman yang selanjutnya. Namun kenyataannya hingga pengiriman terakhir periode 1 tahun 2017 kualitas beras yang turun masih seperti yang sebelumnya.

“Yah kami mau bilang apa lagi. Keluhan warga udah sering kami tampung. Bahkan kami juga sudah komplain ke pihak bulog tapi kenyataannya tetap saja kualitasnya seperti ini, tetap buruk, tonasenya sering kurang, tapi kami tetap bayar full,” tandas Nana.

Berbagai keluhan soal kualitas dan kuantitas raskin tiap bulan dan tahun terus bergulir. Namun bak tembok beton yang kokoh hal tersebut tidak mempengaruhi sikap pemerintah daerah maupun bulog dalam menyikapinya. (Den/Sep)

Author: 

www.zonapantau.com

Related Posts